GARMIN NUVI manual handbook

Pertanyaan banyak orang yang baru join id-gps@yahoogroups.com adalah:

a. Apa sih yang bisa saya lakukan dengan GPS saya?

b. Bagaimana caranya menggunakan GPS untuk menuntun kita sampai ke suatu tempat?

c. Berapa banyak peta yang dapat dimasukkan ke dalam unit GPS saya?

d. Menu / fitur apa lagi yang terdapat di GPS saya?

Tentunya semua itu tidak akan terjawab dalam postingan singkat ini, yang ingin saya bagikan disini adalah bagaimana cara penggunaan GPS secara umum diseri NUVI pada khususnya.  Screen capture dilakukan menggunakan NUVI 205 dengan firmware v4.40 dan peta SEA v3.00 dari TeleAtlas & v58 dari navigasi.net.  Secara garis besar semua yang dipaparkan disini bersifat universal di semua NUVI.  Yang membedakan jenis NUVI adalah fitur uniknya.  Misalnya FM RADIO, FM Transmitter & BLUETOOTH HANDSFREE di NUVI seri 710, tahan air di NUVI 500, geotagging, 3D POI muncul saat navigasi, pict showing as slide show di NUVI 205, dan seterusnya.

OK, berikut ringkasan kita, ……:

Loh?   Screen boot kok beda ya?  Di NUVI 205, karena bisa berfungsi sebagai digital frame [alias: untuk picture slide show], maka anda bisa memilih photo yang akan digunakan sebagai ganti logo Garmin pada saat booting.

Berikutnya Apa yang dapat kita lakukan dari Menu Utama?

1. Apabila anda tekan dan tahan +/- 10 detik – 30 detik pada icon sinyal, maka halaman baru akan terbuka.  Disana anda dapat menemukan info berapa banyak Satelite yang sedang terkoneksi ke NUVI, posisi Anda pada saat itu, dan akurasi GPS NUVI saat itu.  Untuk kembali ke menu utama silahkan tekan BACK.

2. Tekan dan tahan di icon battery +/- 30 detik, maka menu rahasia [baca: DIAGNOSTICS] akan terbuka.  Disini dapat anda temukan semua informasi mengenai device anda.  Mulai dari firmware, kartu memory yang digunakan, speed read/writenya, dan sarana pengecheckan sekiranya layar device ada ada pixel mati [dead pixel].

3. Tekan tampilan WHERE TO?  akan membawa anda ke halaman berikutnya, dimana anda dapat mencari alamat atau Point of Interest [POI].  Anda akan masuk ke menu ini untuk menyuruh GPS menunjukkan jalan ke tujuan Anda (tentunya harus menggunakan peta yang mensupport hal tersebut misal CN atau Navigasi.net).  Contoh WHERE TO? hal 2:

Sekiranya sudah ada POI yang anda masukkan lewat device anda [menu Coordinate / save], maka dapat anda temukan kembali di dalam menu FAVOURITES.

Kita dapat mengattach photo ke POI yang telah dibuat.  Mirip-mirip fungsi Geotagging, hanya saja data lokasi tidak disimpan langsung difile photo.

Setelah memilih POI yang anda inginkan, informasi berikutnya akan ditampilkan, misal info jarak, estimasi waktu tempu, dan apabila anda memilih MAP, layar berikut ini yang akan ditunjukkan.

Dari sini, apabila anda mentap kursor pada “titik jalan” / lokasi lainnya dan menclick Go! maka anda akan dituntun menuju lokasi dimaksud.  Jadi tuntunan tidak hanya berlaku untuk pergi ke POI tertentu, tapi dapat juga dilakukan menuju suatu titik.

Kembali ke tujuan semula kita, setelah anda tentukan tujuan anda dan mengclick Go!  Kemudian apabila anda show map maka akan muncul layar seperti berikut:

Setelah rute tergambar di NUVI anda, device siapTinggal kita ikuti agar bisa sampai ketujuan..  bentuknya adalah seperti ini:

Perhatikan dibagian atas, dari kiri sampai kanan berwarna dasar hijau dan ada tulisan “Continue to Bintaro Utama”  what’s next?  Belum ada tanda belokan berikutnya sampai kita mulai berjalan mengikuti jalur UNGU dan menemukan belokan terdekat.

Hem.. menarik?  Berikut yang ditengah ini adalah layar utama pada waktu kita bernavigasi ria.

1. Sewaktu diclick pada bagian kiri atas [setelah muncul bulatan panjang], maka akan muncul next turn beserta peta lokasinya.  Apabila anda pencet tanpa panah kebawah, maka seluruh belokan sampai ke tujuan beserta petanya akan muncul 1 per 1.

2. Untuk melihat ringkasan dari belokan-belokan yang akan dilalui, silahkan pencet pada posisi ini.  Untuk menampilkan posisi belokan di peta, silahkan pilih SHOW MAP.

3. Apabila kita pencet posisi kiri bawah [ditempat kecepatan / speed], maka akan muncul odometer dari NUVI tersebut.  Value dapat direset dari tempat ini.

4. Dengan memilih MENU, maka kita akan kembali ke main menu, dimana anda dapat memilih tujuan baru atau untuk keperluan lainnya [misalnya setting, memperbesar/kecilkan suara, dsb].  Untuk kembali, silahkan pilih VIEW MAP.

5. Jalan yang harus kita lalui biasanya berwarna ungu.  Belum ketemu caranya apakah bisa diganti atau tidak. :)  Jadi pada saat anda salah mengambil jalan, biasanya GPS akan segera mengkalkulasi ulang rute anda dan garis UNGU baru akan muncul, membimbing anda sampai tujuan.

Hem.. apabila ingin jalan lainnya [misal: ada kemacetan / huru-hara / banjir] bagaimana?  Silahkan pencet menu DETOUR, otomatis GPS akan merekomendasikan rute alternatif, sekiranya ada.

Dan sekiranya anda telah mengetahui jalur anda, maka silahkan memilih STOP, agar tidak usah dibimbing lebih lanjut oleh si Nuvi.

PS:
Menurut petunjuk HELP di NUVI 205, kalau kita tekan ‘tombol ARRIVAL TIME’ akan membuka suatu windows… anehnya di NUVI saya tidak begitu.. apakah di NUVI kawan-kawan terbuka sesuai petunjuk?   Kirimin screen capturenya agar bisa dimasukkan sekalian ya.

Baik menu navigasi sudah dikuasai, sekarang back to basic, bagaimana caranya kita memasukkan POI [misal: info kuliner / wisata dari situs Navigasi.net]?  Gampang aja, tinggal masuk ke WHERE TO? hal 3 dan pilih Coordinate

Dengan memilih coordinate, maka anda akan dapat memasukkan data dari website navigasi.net atau yang diberitahukan oleh kawan.  NOTE: jangan sampai salah format.. bisa-bisa nyasar ke tengah sawah loh!

Format coordinate diatur lewat sini nih… [WHERE TO?  Coordinate -> FORMAT]

Setelah selesai memasukkan koordinate yang diinginkan, tekan NEXT, kemudian masukkan Nama yang gampang diingat, setelah itu jenis icon untuk melambangkan titik tersebut dan pilih photo sekiranya tersedia.

Oh iya, keingetan 1 lagi…  semua gambar ini di capture memakai fungsi screen capture bawaan si NUVI 205.  Caranya masuk ke TOOLS -> SETTINGS -> DISPLAY -> Screen Shot -> Enable/Disable.  Kalau dienable akan muncul icon CAMERA PHOTO, dimana setiap diklick akan terdengar suara ‘klick’.  Image disimpan dalam unit NUVI di folder GARMIN\Scr  [sayang tidak bisa menjadi pocket camera ya…]

Terus menurut spesifikasi teknis POI dibatasi hanya sebanyak 999 loh.  Wah itu kan banyak.. masa masih kurang?  Hem..  menurut pengalaman sih kurang, karena untuk meload data wilayah Bandung saja yang hanya terdiri dari FO / Kuliner / Hotel / SPBU / sudah lebih dari 999 points loh!!!

Jadi bagaimana mengatasinya?  Untuk itu, silahkan download program POI LOADER dari website Garmin ini.  Dengan begitu, batasan 999 bisa terlampaui..  Sedikt catatan kaki, untuk mensearch POI yang tersimpan dalam di GPS terbagi menjadi beberapa bagian dari halaman WHERE TO? berikut ini:


HAL: 1                            HAL: 2                         HAL: 3

1. POI yang build-in [tergambar langsung di peta] dicari melalui WHERE TO? -> POINT OF INTEREST

2. Yang kita masukkan sendiri lewat Browse Map / Coordinate; dapat didapatkan melalui WHERE TO? -> FAVOURITES.

3. Yang kita simpan ke folder garmin\poi di GPS lewat POI LOADER, dapat dicari melalui WHERE TO? -> EXTRAS -> CUSTOM POI.

4. Untuk pergi ketempat yang sudah pernah anda pilih sebelumnya, dapat menggunakan WHERE TO? -> RECENTLY FOUND.

Demikian yang saya ketahui, sekiranya ada yang ingin menambahkan informasi yang belum tercantum disini atau info seputar seri NUVI lainnya [misal: 710 dengan fungsi FM Radio Transmitter / BLUETOOTH HANDSFREE / dsb] silahkan kirimkan imagenya + deskripsinya, agar dapat saya tambahkan disini.

Semoga bermanfaat.

http://www.BduaB.com/eShop

4 Responses

  1. 😀 nice info om, btw itu cara ganti screen boot nya gimana om carannya, ajarin dunk… thx… salam nuvi…😀

    • Kalau di NUVI 205 karena ada fungsi Photo slideshow,

      Pertama-tama masukkan dulu file-file photo ke si 205.. biasa, konek aja dengan kabel USB, maka akan di-detect sebagai storage baru di Windows.

      Terus dari fungsi browse photo [TOOLS -> Photo], pilih photo yang ingin digunakan dan TICK gunakan untuk boot. Gitu aja…

      PS:
      Kira-kira begitu, detilnya nanti saya liatin di NUVI 205, karena masih ada di mobil… jadi tidak ingat menu pastinya… *he he he he*

      Thanks

      http://www.BduaB.com
      http://www.BduaB.com/eShop

  2. Garmin nuvi itu ada koordinat UTM’nya gk sih, mas?

    Apa setingan’nya gk bisa diubah dari koord geografis ke koordinat utm?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: