Internet WoKe untuk para road warrior?

Jumat [27-03-09] kemarin, karena MaTot dimana-mana, akhirnya jadi kerja dari PIM, kebetulan sedang ada pameran Internet Wireless Solutions dari SMART TELECOM.

Sebelumnya saya cukup skeptis untuk mencoba, karena salah satu produk yang saya gunakan M****X 3,5G Broadband tapi mendapatkan qualitas yang diharapkan..  + menurut tambahan info CS SMART via e-mail sebelumnya, daerah operasional saya belum dicover oleh BTS milik perusahaan tersebut.

Berhubung sudah PIM, isenk akhirnya jadi coba-coba..

Sekilas info mengenai teknologi yang digunakan oleh ST adalah: pengembangan dari CDMA 2000 1x tepatnya EVDO Rev. A.  Secara teoritis, kecepatan maks. yang bisa dicapai EVDO Rev. A untuk d/l = 3.1Mbps, sedangkan upload = 1.8Mbps.  Yupe, sangat cepat… 🙂

Area PIM sendiri termasuk dalam kategori: Hijau [artinya sedang; yang paling bagus warna UNGU; tidak disarankan untuk menggunakan JUMP apabila wilayah anda masuk dalam kategori: KUNING pada peta coverage].

Pertama-tama mencoba download peta Indonesia dari situs http://www.navigasi.net [di host di indowebsters].  Eh ternyata dapat hampir 1Mbps [tepat-nya: 9xx kbps].  Mulai tergoda nih… 🙂

Hal lain yang membuat diri tergoda adalah info bahwa saluran Data & Voice dipisahkan secara native; artinya penambahan pengguna telepon [voice/sms] ST tidak akan mengganggu bandwidth data [Internet].

Penambahan user data [Internet] JUMP mungkin akan mengganggu b/w; akan tetapi menurut staff ST di pameran, hal ini dapat ditindak-lanjuti dengan penambahan perangkat hardware di SERVER mereka [bukan menambahkan BTS yang notabene lebih mahal harganya].

Pada saat saya melihat peta area coverage, dimana menurut peta itu, daerah operasional saya yang sebelumnya disebutkan masih dalam tahap pengembangan ternyata berwarna Hijau..  seharusnya MUANTAFF juga donk?  :)  Langsung saya putuskan untuk meminangnya.

Jadi deh memboyong perdana JUMP, gratis modem dengan 0% cicilan 12x dari BCA.  Photo paket penjualan…  [hem…, sayang tidak ada free Gifts..!!! waktu pameran JCC kemarin, dapat bonus 1 bulan free, jadi cuma bayar 11 bulan saja]

Paket penjualan MV-140B

Paket Penjualan MV-140B

Begitu sampai di tempat operasi, segera paket dibongkar untuk dilihat kelengkapannya…  ternyata mendapatkan: 1 CD-Driver [Mac / Windows – 32/64], Modem; Battery Li-Ion; Adaptor; Handfree; kabel USB A – B mini; Pouch; Quick setup guide; & user manual]

Isi paket MV-140B

Isi paket MV-140B

Segera modem di colok ke Notebook, eit.. ternyata driver harus dimasukkan tidak seperti Huawei E220 yang bisa auto install softwarenya.  MV-140B membutuhkan software drivers & manager di-install secara manual lewat CD dalam paket.

Begini display di unit modem pada saat hidup…

Tampilan display mv_140B

MV-140B in action! Made in KOREA [bkn CINA]

Hem..  segera dicoba untuk koneksi ke Internet…  loh kok tidak bisa????  Berhubung tidak menemukan dialernya [software untuk memanage si Modem], saya perkirakan koneksi sudah terbangun secara otomatis… ternyata belum tuh…

Akhirnya, ikutin manual ..  oh ternyata software managernya harus di install secara manual…  selesai install software managernya maka muncul icon di desktop yang tentu saja segera di click.

Fungsi Phone - OffGUI dari software manager MV-140B

Untuk terkoneksi ke Internet, tinggal pencet tombol UNGU dengan logo “e” mirip punya M$.

Waks.. masih tidak bisa…  terpaksa baca balik buku manualnya..  ternyata harus setup koneksi dulu menggunakan tombol RODA KUNING – sebelah tombol POWER!  Click  tombol  “New”

Nama koneksi : terserah mau ditulis apa..
no. tel                 : #777
User ID              : smart
Password          : smart

Setelah itu pilih nama koneksi yang baru anda buat, dan click tombol “SELECT”

Sekarang back to main menu dan kita bisa tekan tombol “e” mirip M$.

Setelah dicoba beberapa kali, seperti modem berusaha menghubungi pusat, tapi diputus karena protokolnya tidak sesuai..  1x …   2x….  3x…  ….  8x..  ada yang ngak beres nih..  jangan-jangan modem rusak.  :)  Coba restart lapie.. & Modem, masih begitu juga…

Sampai akhirnya saya coba diluar ruangan agar signal lebih bagus ..  ganti kabel USB dengan yang bawaan modem [tadinya pakai kabel USB milik PDA]; masih tidak bisa juga…

Ternyata daya power dari USB Port notebook DELL saya sepertinya kurang mumpuni..  MV140B dapat terkoneksi dengan baik, setelah batterynya dipasang. 🙂

Langsung di test “abuse” untuk download peta Indonesia kembali dari http://www.navigasi.net [file peta hosting di Indowebsters].  Hasilnya?

Traffic nge-JUMP dengan signal strength EVDO Rev. A - 2 bar.Mantaff…  Mau?  Mau?  Mau?

Tidak puas dengan hasil itu.. + untuk membuktikan analisa sebelumnya, bahwa USB port lapieku kurang power..  battery digantikan oleh A/C adaptor.

Kebetulan hari sudah senja menjelang malam, + ditambah lagi situasi hujan deras + angin kencang..  waks, logo EVDO menghilang digantikan oleh 1x..  tapi koneksi internet tetap lancar jaya.. bahkan dari dalam ruangan sekalipun.   Download 304MB selesai dalam waktu 3jam-an..

Modem akhirnya dibiarkan hidup sampai pagi; kurang lebih non-stop 16jam-an..  [koneksi sudah unlimited ini… *hehehehe*]

Saatnya bermain-main dengan fungsi MV-140B sebagai telepon biasa.. kebetulan ada symbol SMS masuk..  dari siapa ya?

Fungsi Handphone diaktifkan.Fungsi Telepon diaktifkan!  Tombol “e” jadi gray!

Ada 3 fungsi yang dapat diakses lewat GUI ini..

1. SMS [semacam SMS Center]
2. Phonebook [bisa sync dengan OUTLOOK]
3. Phone dialer [denger-denger bisa untuk mengirimkan fax juga]

Ingin melihat isi SMS yang dikirimkan oleh orang ‘misterius’?

Fungsi SMS..Ternyata dari no. “2009”  untuk PEMILU!

Phonebook interface yang masih kosong…

Fungsi Handphone book.Mang ngak niat digunakan sih…

Data telepon dapat dipindahkan dari PC -> Modem / sebaliknya.

Last but not least..  the phone dialer..

Fungsi Phone..Mirip GUI client VOIP pada umumnya.

Siangnya, saya ngendon di area operasi 2.  Yang menurut data mendapatkan Signal EVDO paling kenceng [kategori UNGU].  Kecepatan d/l yang ter-register di MV-140B menunjukkan angka hingga 1.9Mbps.

Kesimpulan:
Ada beberapa kendala yang saya temui pada saat menggunakan akses Internet wireless [ie. M***X 3,5G Broadband; limited 1.5Gb/bulan]; dimana belakangan ini akses tidak stabil.. sering lemot banget + untuk mengirimkan e-mail lewat SMTP seperti Yahoo/g-mail sering fail!; hal ini tidak saya temui di SMART – JUMP.

Hem.. karena speednya cukup WOKE..  apakah bisa di share untuk semacam Hotspot?

BISA BANGET!

Caranya pakai:  SpeedUp 3G WiFi router.
Si MV-140B langsung dihubungkan ke slot USB dari SpeedUp 3G router tanpa lewat komputer.  Kelemahan 3G WiFi router ini; tidak ada port NIC untuk menghubungkan ke PC NIC [semua koneksi wireless saja].  WiFi router ini, selain bisa untuk CDMA, mendukung pula GSM [HSDPA/HSPA modem].   Modem GSM/CDMA yang didukung baik berbentuk PCMCIA / USB.

Untuk pemesanan / info lebih lanjut mengenai SpeedUp 3G WiFi router [GSM/CDMA],  silahkan menghubungi (021) 726-2985 / Y!M: B2B_eGS.  Garansi: 1 tahun loh!

List modem GSM/CDMA yang disupport oleh SpeedUp 3G WiFi router adalah sebagai berikut:

SpeedUp 3G WiFi Router - Compatibility List.Daftar compatibilitas – SpeedUp 3G WiFi Router [GSM/CDMA]

Apakah nge-JUMP super segala-galanya?  Ada kekuranggannya ngak?

TENTU ada..

yaitu IP ADDRESS public kita di shared antara beberapa pengguna [info user ratio-nya tidak tersedia]; sehingga terkendala pada saat kita mau mendownload dari RAPIDSHARE / MEGAUPLOAD dan website yang mirip-mirip lainnya.   Bisa diatasi dengan menggunakan PROXY SERVER; caranya silahkan di googling sendiri ya.

Saat ini saya masih puas dengan layanan JUMP..  dan mudah-mudahan selanjutnya juga tetap seperti ini atau kualitas jaringan dapat lebih ditingkatkan.

Semoga bermanfaat.

Salam SUKSES LUAR BIASA,

http://www.BduaB.com/eShop
——————————————
Tel. : (021) 726-2985
Y!M: B2B_eGS

Update hasil testing SPEEDTEST.NET untuk SMART JUMP..

Daerah 1:  BINTARO [01-APR-09]

ke Server INDONESIA [IM2]

Hasil test JUMP - IM2”]”Hasil JUMP - IM2 [Sore; 17:20PM]

Ke server SINGAPORE [NewMedia Express]

”]Hasil test ke SG [NewMedia Express]

”]Hasil JUMP - NewMedia Express [Sore - 17:15PM]

Ke server AUSTRALIA – SYDNEY [Mammoth Media]

”]Hasil test ke Australia SydneyHasil JUMP - Mammoth [Sore; 17:15PM]

ke Server USA – Austin Texas [DoubleHorns Communications]

Hasil server Austin - TX

Hasil JUMP -> Austin - TX

Hasil JUMP - DoubleHorns - TX [Sore; 17:30PM]Pembanding untuk server yang berada di Austin – Texas [BoomSpeed.com] juga.

Hasil JUMP - Austin - TX [Sore: 17:25PM]Update 1: 08-05-09

Ternyata cara baca table kompatibilitas SU-8800MBR menurut principle adalah, pada saat sebelum anda membeli router ini, sebaiknya anda menyampaikan akan disandingkan dengan modem apa, supaya bisa di test terlebih dahulu oleh pihak Principle.

Update ini ditulis berdasarkan masukkan dari bapak Siwi N. [@ Sby].

Apabila sudah terlanjur membeli dan ternyata tidak cocok dengan modem 3G anda, sebagai jalan keluarnya, si SU-8800MBR harus dibawa balik ke pusat service center principle di Jakarta untuk replace firmware dengan yang cocok dengan modem Anda.

Paling SIP, ya bundling dengan modem merek SpeedUp 3G juga deh.  :)  Pasti cocok..  harga mulai Rp. 550rb saja untuk yang PCMCIA.  ^_*

Mau, mau mau?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: