Jalanin KEYNOTE di D600? Pasti bisa!

Setelah sakaw keracunan KEYNOTE yang cuma bisa jalan di MACINTOSH OS, segeralah dicari penawarnya.  Mau beli MACBOOK PRO, sayang dananya.  Habis gimana donk?

Pas jalan ke Ambas Mall, ada DVD xXx OSX86 Universal Installer PPF5 for INTEL/AMD SSE2/SSE3.  Tanya sama yang jual apakah bisa install di lapie D600?  Doi juga ngak ngerti, maap belum pernah nyobain tuh.  Kalau ngak jalan boleh tuker kok.  [biasa tukang jualan…]

Tanya teman yang biasa ngulik MAC juga ngak tahu.  Nasib, belum beli dulu lah.  Cari tahu dulu lebih banyak.  Belum tahu mulai darimana dan apa yang harus dicari..

Untung ada milist macosx86indo@yahoogroups.com, bergabung disana, diminta bergabung juga ke mac-inul.com  wah makin seru nih..  apakah impian untuk punya MACBOOK PRO di dalam D600 akan segera bisa terwujud?

Update 1:
Minggu, 26-04-2009 – Malam.
Mencoba 3 distro OSX86 Leopard dari Boss Hendito.
iAtkos – hang pada saat mau mulai install
iPC – sukses, tapi ketemu tanda verboden pada saat booting pertama kali.

Balik ke iPC, di-install selalu failed melulu alias ngak pernah selesai dengan sukses. Pasti ada yang salah deh. Dikira, DVD drive-nya kecapaian.   Jadi didiemin dulu dengan sukses, seraya backup data-data penting di Windows dulu lah.

Update 2:
Senin, 27-04-2009 – Subuh
Coba install iPC lagi.. masih failed.   Masih kecapaian kali ya? 🙂
xXx – sukses, pada saat booting keluar gambar Apple dan langsung restart lagi. :( (

Balik lagi ke iPC, kali ini dicobain ‘hapus’ partisinya terlebih dahulu. Eh, sukses!

Berhasil masuk [install] setelah sebelumnya error melulu [ternyata setiap install kali harus “clean” install; dalam artian, partisinya di delete bersih dulu pakai UTILITY -> Disk UTILITY.

Senin, 27-04-2009 – Siang.
Nanya sama kang Dicky, disuruh googling aja. ya udah googling.
Info yang didapat menyatakan bisa.. jadi makin tertantang deh..

Senin, 27-04-2009 – Malam.
Berhasil masuk.. tapi ada tulisan keyboard error. please insert keyboard.

Install lagi dengan pilihan fix PS/2 Keyboard & Mouse, berhasil masuk dengan sukses ke OS Leopard. Sayang belum punya installer iWorks ’09, padahal dah gatel pengen nyobain. :)

PS:
Selama proses installasi, NIC & WiFi dimatikkan dulu dari BIOS setting si D600.

Update 3:
Selasa, 28-04-09 – Sore
Install iWorks ’09. Ternyata min. butuh QuickTime 7.5.5 jadi download dulu yang ver. 7.6 Setelah itu installasi iWorks lancar jaya.

Waks, ternyata Keynote di komputer D600 tidak bisa jalan.. bagian slide thumbnail gambarnya aneh [ancur] terus ngak bisa insert text/graphic/apa-pun juga. Kalau dipencet PLAY, dibilang NVRAM tidak cukup [padahal ini dah dedicated VGA RAM], disarankan untuk menurunkan resolusi tampilan & jumlah warna aktif. Tapi pilihan dari Sys Pref. cuma 1 doank.. gimana nih?

Bedanya iWorks ’09 dengan iWorks ’08 apa sih? Ada yang punya iWorks ’08 yang bisa di share?

Pindah dulu, coba main-main dengan NIC, pakai IONetworkingFamily.kext asli bawaan si iPC OSX86 [get info = ver. 1.6.x] + AppleBCM5751Ethernet.kext, karena dapat IP jadi aneh, terus sengaja ditimpa aja 22 filenya. Habis itu malah jadi kernel panic. Asli sebel banget. :( (Karena ngak ada yang isa dimainin lagi).

Update 4:
Rabu, 29-04-2009 – Siang.
Setelah nunggu japrian tidak muncul-muncul, berhasil h*ck*ng driver untuk Broadcom 57xx menggunakan AppleBCM5751Ethernet.kext & IONetworkingFamily.kext [based file dapat dari insanelymac.com]

Setelah driver beres, masih setiap masuk Windows, harus melakukan config MAC Address manual dari Terminal [command prompt si MAC – “sudo”] menggunakan perintah: sudo ifconfig en0 ether XX:XX:XX:XX:XX:XX

Kalau tidak karena MAC Address 00:00:00:00:00 makanya jadi di-auto assign IP sembarangan dan tidak bisa internet [DHCP dari router tidak digubris]. Di set manual juga tidak mau.. mungkin router saia nge-block koneksi dari MAC address 00.

Oalah, jadinya dari kemarin itu dah berhasil.. cuma perlu nge-set MAC Address secara manual, baru bisa dapat DHCP config secara baik dan benar dari SpeedUp 3G WiFi router [SU-8800MBR].

Berhasil mengarungi dunia Maya menggunakan browser Safari untuk pertama kalinya. WiFi masih belum jalan. :)

Update 5:
Kamis, 30-04-2009 – Siang
Kesimpulan distro iPC OSX86 PPF5 bisa di-install ke Latitude D6xx atau D8xx. Untuk network card, masih harus h*ck drivernya dikit.

Saat ini masih mencari cara agar keynote di iWorks ’09 bisa jalan di lapie [D600] ku. Ada yang tahu caranya kah?

Wi-Fi juga masih menunggu untuk di Oprek.

Ada yang bisa kasih masukkan lagi?

Ya paling tidak pengen cicipin keynote iWorks lah. Bedanya versi 08 dengan 09 apa ya [secara spesific]? Apakah ’08 bisa jalan di D600-ku?

-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-

Sekian laporan singkatnya…  tunggu edisi review lengkap berikut picture.. pada postingan berikutnya…  *He He He He He*

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: