Wireless streaming ke speakers di ruangan lain?

Setelah sekian lama absen blogging, akhirnya baru sempat ngeblog lagi nih…

Kali ini saya ingin sharing salah satu pengalaman membantu rekan saya me-wireless-kan rumahnya…. Bukannya tinggal pasang router WiFi saja?

Hem…. silahkan dibaca sampai habis, siapa tahu anda akan menemukan hal-hal / ide yang menarik untuk diimplementasikan di rumah anda sendiri. *smile*

Prolog:
Pada suatu hari, saya dihubungi oleh seorang kawan lama.. doi meminta saran mengenai HP MediaSmart Server. Tujuannya, ingin dihubungkan dengan perangkat TV (SONY Bravia 46″ Full HD) + sound systemnya. Selain untuk menonton film, juga ingin digunakan sebagai sentral penyimpanan media bagi seluruh rumah. Pada saat lain, bisa juga digunakan untuk browsing Internet.

Selain itu, karena istrinya tidak menyukai kabel, maka hubungan dengan modem broadband dan berbagai macam perangkat lainnya harus dilakukan secara wireless. Ini sudah harga mati [baca: tidak bisa ditawar – red].

Sehubungan dengan hal tersebut, di lantai 2, akan digunakan sebagai kantor kecil [well.. well… well…], jadi fungsi internet juga harus tercover.  Tentunya, sebagaimana kantor pada umumnya, di “kantor” tersedia printer, yang dapat diaccess secara wireless darimana pun. [Sudah terbayang faktor ke-asyikan-nya?]

Melengkapi faktor tersebut, masih ditambahkan permintaan untuk memutar audio secara streaming dari komputer ke perangkat tata suara [amplifier & speaker] secara wireless yang berada diruangan lain. [Nah loh? Memang bisa ya?]

Sekarang dah tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bukan?  :p

Dalam hati pertamanya bingung, HP MediaSmart Server benda apa sih.. kok belum pernah tahu siapa yang mendistribusikan di Indonesia. Hasil googling menunjukkan beberapa “orang” yang mengaku menjual produk tersebut [contoh: HP MediaSmart Server EX475]. Di karenakan tidak ada kepastian jaminan purna jual, akhirnya saya anjurkan untuk menggunakan solusi lain..

Pertama-tama, karena ingin digunakan sebagai media center disandingkan disamping TV LED maka form factornya harus imoet tapi cukup bertaring untuk memutar film full HD 1080p; saya rekomendasikan menggunakan “mac mini”. Keyboard & Mouse so pasti dipilihkan yang wireless.🙂

Koneksi mac mini generasi terbaru ke TV menggunakan converter Mini DisplayPort – HDMI & kabel [HDMI-HDMI]. Sedangkan koneksi ke perangkat home teather systemnya menggunakan kabel Airport Express stereo connection kit with monster cable [kabel ini tidak masuk ke Indonesia; jadi harus pesan via Online Store Apple; dan dikirimkan ke Indonesia via DHL].

Agar lebih nyaman dalam menonton film menggunakan mac mini, jangan lupa untuk menambahkan sebuah remote control apple.

Next…
tempat penyimpanan media filesnya dimana donk? Sehubungan dengan permintaan doi agar bisa melakukan wireless “streaming” dipilih juga solusi dari apel kroak.

Untuk WiFi routernya, digunakan Time Capsule 2TB.. Kemudian ditambahkan 2 buah WiFi extender; 1 untuk ke lt. 2 + 1 lagi ke ruangan lain untuk streaming media menggunakan AirTunes.

Oh iya, mundur sejenak.. solusi printer wirelessnya pakai apa donk? Printer menggunakan HP OfficeJet 6500w. w = wireless. Sistim printer dengan tinta 4 warna [C/M/Y/K], support duplex printing and scanning + fax alias multi-fungsi. [canggih ya?]

Sudah komplit?
Belum.. !!!

Pada saat implementasi, ditemukan sedikit kejutan.. wireless dari notebook DeLL yang digunakan oleh rekan saya bisa mendeteksi Internet dan berintenet ria.. akan tetapi sharing folder dari Time Capsule tidak terbaca. Hem.. something wrong somewhere….

Selidik punya selidik [dengan bantuan agen rahasia dari Sydney – mr.  .:Bob:. ], ditemukan bahwa kasus tersebut disebabkan oleh program security yang digunakan pada laptop tersebut. [note: rekan saya menggunakan NIS 2010].

Tentunya banyak rekan-rekan yang menggunakan personal firewall seperti NIS / Norton 360 / ZoneAlarm dan sebagainya… aplikasi tersebut memblock banyak hal dengan tujuan komputer kita lebih secure. Salah satu yang ikut diblock adalah fungsi share folder & printer dari Windows.

Sekedar info bagaimana menset 2 product berikut ini; karena memasukkan devices ke dalam trusted list firewall baru 1/2 dari pekerjaan kita; agar file & printer sharing anda tetap lancar jaya, lakukanlah…

1. NIS 2010
-> network setting
-> smart firewall
-> advance setting configure [+]
-> General Rules configure [+]
-> add new rule to allow communication between computer on the same subnet to communicate using TCP & UDP protocols port 135-139, 445.
-> hilangkan tanda tick pada bagian “block” windows files & printer sharing; block windows device discovery; dst.
-> OK
-> OK lagi.

2. ZoneAlarm
-> Firewall
-> Trusted zone Security [click custom]
-> tick at “allow incoming UDP ports; kemudian masukkan 5353
-> tick at “allow outgoing UDP ports; kemudian masukkan 5353
-> OK

That’s all.. sekarang, sudah bisa kelihatan devices di network.. and the work is complete.🙂

Walaupun review kali ini tanpa gambar, kami doakan selalu semoga berguna bagi rekan-rekan sekalian…

PS:
Bagi yang membutuhkan saran berhubungan dengan technology computers, gadgets, audio & video conferencing system, visual untuk event, dan lain-lain silahkan menghubungi kami via e-mail di Online[at]BduaB.com atau tel: (021) 726-2985.

Salam SUKSES LUAR BIASA,

B2B SOLUTION
http://www.BduaB.com
http://www.BduaB.com/eShop

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: