Laptop Thinkpad seri ekonomis yang bertenaga.

Selamat pagi….!!!

Hari yang sangat cerah bukan? Thanks God is almost weekends lagi..🙂

OK, kembali di hari yang indah ini, ijinkan saya membagikan review singkat mengenai barang baru yang luar biasa. sebuah notebook yang dimotori Intel Core i3-330 dengan memory 2GB DDR3, HDD 320GB, perlengkapan lain more or less sama dengan brand terkenal lainnya. Siapa lagi kalau bukan…? Thinkpad EDGE 14″🙂

masih dalam kotak

si EDGE 14" masih dalam kotak kandungan

Photo-photo dari berbagai sudut Thinkpad EDGE 14″

Dari sisi kiri.

Isi sisi kiri

Samping kiri:
HDMI, e-Sata, VGA [RGB], NIC Gigabit, dan exhaust fan

Tampak belakang

EDGE dari belakang, ada port USB warna kuning, kayanya powered deh.

Belakang:
Exhaust dan USB

Thinkpad EDGE dari sisi kanan

Tampak kanan: 2x USB2.0, DVD-RW, Power + kesington lock.

Samping kanan:
Kesington lock, DVD-RW, 2x USB

Thinkpad EDGE 14" tampak depan

Thinkpad EDGE 14" dari posisi depan; sayang lubang card reader tidak disertai dummy untuk mencegah debu masuk.

Depan:
Card reader

Thinkpad EDGE 14"

Isi keyboard EDGE 14"; trackpad super lega, keyboard chicklet, Fn keys terbalik, eh titik merah bisa nyala loh!

bagian keyboard:
inverted function keys
tombol power di sebelah kanan
chicklet keyboard
trackpad lega [sangat besar; mirip Mac]
Titik merah pada Thinkpad akan menyala warna merah, pada saat laptop dalam keadaan hidup🙂

Thinkpad EDGE 14"

Hayo dimana speakersnya?

bagian layar:
ada speaker yang disembunyikan pada bagian dalam bawah layar [nice & sexy ya].
webcam + lampu bantu webcam + mic dibagian atas

Karena baru mampu beli yang NON-OS, untuk pengetesan fungsi-fungsi kami coba menjalankan instalasi Win 7 Pro 32bits. Instalasi berjalan mulus dan sangat cepat.. [hem… karena pengaruh processor atau memory atau HDD ya?🙂 ]

Selesai instalasi, baru sadar kalau CD drivers tidak disertakan untuk versi non OS. Syukurnya, instalasi langsung mengenali Ethernet [NIC Gigabits], sound card, and bluetooth. Coba mendownload driver dari situs support.lenovo.com malah bingung sendiri, karena pada saat diinstall disebutkan kalau hardware tidak cocok. akhirnya langsung dicoba menjalankan windows update, dan minta si Win 7 untuk langsung mendeteksi driver terbaiknya.

Puji Tuhan, wireless driver langsung terdeteksi [Intel WiFi Link 1000], jadi sekarang sudah bisa bekerja secara wireless.🙂 Oh iya, setelah melakukan update, sebaiknya laptop di reboot terlebih dahulu, karena walaupun dinyatakan berhasil, akan tetapi sebelum restart, wireless adapter tetap tidak muncul.

Secara umum, chicklet keyboard & trackpad-nya nyaman untuk digunakan [walaupun belum berhasil untuk melakukan gesture seperti si apel kroak di trackpad yang luas itu]. Kondisi batter 90% dinyatakan hanya 2 jam 58 menit. akan tetapi setelah pemakaian 1 jam lebih, tetap 2 jam 50 menit. [hem.. mungkin ada software yang perlu diupdate lagi nih; karena berbeda jauh dari claim pabrik yang menyatakan kinerja sampai-dengan 8 jam].

Untuk yang menginginkan laptop terinstall OS resmi, kami sangat sarankan memilih yang model [4UA] dengan Win 7 Pro 32bits. Dimana harga lebih ekonomis dibandingkan membelinya secara terpisah. Kecuali bagi yang sudah memiliki global agreement dengan Microsoft, silahkan memilih yang non-OS [dengan resiko harus mendownload drivers sendiri dari website Lenovo].

Bagi yang memerlukan kinerja graphic card yang optimal, silahkan melirik tipe 4LA. Selain sudah build-in 3G modem + GPS [Global Positioning System], termasuk Win 7 Professional original + VGA bertenaga ATI Radeon Mobility HD 5145 – 512MB.

Oh iya, sedikit mengenai GPS.. apabila diinstallkan program navigasi seperti Papago atau Garmin Mobile XT tentunya disertai peta Indonesia gratis [yang selalu diupdate] dari Navigasi.net; maka laptop ini dapat memandu anda menuju tempat-tempat yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. bayangkan.. punya GPS sendiri dengan layar 14″, wow…. mantap!🙂

Aplikasi lainnya, apabila laptop kita hilang, karena si 3G modem sudah build-in di dalam laptop + ada fitur GPS, maka kita bisa mentrace posisi dari laptop kita ada dimana.. tentunya dengan dukungan aplikasi yang sesuai ya. Sementara ini belum ada konfirmasi dari pihak Lenovo, kalau di merek sebelah pada tipe tertentu, sudah disertakan software tersebut dalam paket penjualannya. Akan tetapi, tidak semua orang berkenan di-lacak keberadaannya.🙂

Begitulah hasil review singkat kami, mudah-mudahan berkenan memberikan alternatif pilihan bagi rekan-rekan sekalian.

Apabila berminat, silahkan menghubungi kami via e-mail di: Online[AT]BduaB.com atau untuk informasi lainnya, dapat menghubungi hotline kami di (021) 91-8778-95.

Sampai jumpat pada review product luar biasa lainnya.

Salam SUKSES LUAR BIASA,
– BduaB.com –

2 Responses

  1. itu kerja GPS nya harus terambung ke internet ya?

    • Iya.. kan sudah incl modem 3G (GSM), tapi tetap memasangkan kartu SIM Card + langganan paket data (Internet), supaya bisa diketahui posisinya. hanya saja sampai saat ini belum ada konfirmasi apakah sudah disertakan software untuk memanfaatkan fungsi tersebut atau belum. Sekiranya belum, artinya kita harus menggunakan program third party.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: