Si imoet nan serba bisa.

Kisah ini dimulai karena Kebetulan kantor sedang memerlukan beberapa perangkat pendukung kerjaan baru. Mulai dari mesin fax, photocopy, printer berwarna dan kalau bisa termasuk scanner lebih bagus lagi kalau sudah wireless.

Susah sekalian memelihara perangkat lama, saat ini masih berfungsi dengan baik 1 buah scanner Canon (10 tahunan), tapi drivers sudah tidak mendukung system operasi terbaru.😦

Tadinya sempat ragu, karena dengan kisaran budget yang diberikan oleh bagian Finance, perangkat multi fungsi macam apa yang bisa didapatkan. Seperti biasa, pada saat ditanyakan, jawabannya cuma “terserah”, yang penting sesuai anggaran.🙂

Sempat tergoda untuk mencari laser printer multi-fungsi, tentunya anggaran akan membengkak + tidak mendapatkan yang berwarna. Pertimbangannya, laser menghasilkan hasil cetak yang lebih bagus + toner tidak mengering (menguap) dan bisa digunakan untuk mencetak lebih banyak. Hem…. ternyata susah sekalian untuk menentukan pilihan. Ibaratnya sedang mencari istri, kalau salah pilih bisa menyesal seumur hidup. :p

Tentunya yang pertama di-intip adalah di raja printer 2 huruf, hem…. Wireless multi-fungsinya bisa digunakan untuk mengeprint secara wireless, mendukung ngeprint dari perangkat Apple seperti iPad maupun iPhone, akan tetapi …… masih coming soon..🙂 lanjut…

Muter-muter akhirnya ketemu stand Canon.. Iseng cobain dulu, kebetulan mereka ada demo produk dan salah satunya termaduk dalam daftar incaran.

Mas, Mas, boleh minta tol ditest copy brosur yang tersedia? 1 lembar berwarna ya. Dijawab, “Baik pak, silahkan….”

Printer PIXMA dihidupkan, brosur diletakkan pada tempatnys, kemudian di click button start “colour” ….. Sunyi, tidak terdengar suara apa-apa, kirain belum berfungsi masih warming-up, tahu-tahu tak lama kemudian muncul hasil copynya sebagai berikut:

Hem… Amazing.. Cepat dan warnanya menurut saya sudah cukup ok. Tintanya mahal ngak ya? Yang Black normal sekitar @ Rp. 125.000 saja, sedangkan kapasitas XL-nya @ Rp. 145.000,-

Hati sudah mulai terpicut, akan tetapi masih ragu-ragu karena tinta warnanya menggunakan sistim 3 warna dalam 1 cartridge, bukankah akan lebih murah kalau menggunakan sistim tinta satuan? Di jajaran Canon PIXMA ada yang menggunakan tinta satuan, dengan harga beda 2x lipat *hehehehehe*

Ya wuis, muter-muter lagi, siapa tahu ada yang lain.

Ketemu dengan pemain printer Baru yang menyatakan pertama memiliki kemampuan Wireless printing dari iPad maupun iPhone. Kemudian cek, sistim tintanya gimana? Oh ternyata sudah sistim tinta terpisah nih.. Wah mantap, ini yang kami cari. Harga mumer🙂 merek tidak usah disebut ya, biar adil.🙂 akan tetapi namanya beli printer ya harus dicoba kemampuannya dulu mumpung ada barang demonya toh?

Permintaannya sama, mas, tol copy 1 lembar brosur berwarna sengaja pilih yang warna-warni biar tinta doi cepat habis… *hehehehe* ngak donk, maksudnya biar kelihatan kemampuan si mesin.

Dari saat tombol start ditekan, kok hasilnya ngak keluar-keluar ya? Apakah belum di on? Sudah tuh, tapi kok lama sekali ya… Akhirnya keluar juga hasilnya, tapi kok hasilnya buram alias blur (kurang kontras/rich/deep). Sampai beberapa kali kami coba, hasilnya tetap seperti itu, akhirnya kami putuskan, ya, itu bukan perangkat yang kami cari.

Untuk mempersingkat cerita, akhirnya balik lagi ke Canon. Sekarang ada masalah kecil, dengan beda harga tidak sampai Rp 300.000 dapat colour LCD monitor 3,3″ (atau 2.5″ lupa) langsung di printernya, kira-kira mana yang akan anda pilih? Begitu memasukkan memory card / USB flashdisk otomatis file gambar akan muncul dilayar tersebut dan bisa diatur sebelum langsung di print tanpa bantuan komputer. Hebat? Akhirnya mantap meminang Canon PIXMA MX-357

Bentuknya kaya gini loh….

Sesampainya di kantor, segera printer multi-fungsi dicoba.

Ternyata tinta warna posisinya di sebelah kiri, dan Black disebelah kanan (biasanya Black di kiri, dan warna di kanan). CD drivers yang disertakan hanya 1 buah, dimana secara otomatis akan mengenali dan menginstall drivers yang sesuai (Windows atau OSX).

Setup drivers di Macbook Pro – OSX 10.6.4 (Snow Leopard) berlangsung cepat, dengan sedikit kendala pada tahap akhir, bagian pendeteksi printer (karena Printer terhubung secara Wireless). MX-357 akhirnya di add secara manual menggunakan “system preferences”, dan langsung lancar digunakan mengeprint document.

Pada saat ingin mencoba fungsi scannernya, ternyata harus di add dulu secara manual baru lancar. Fungsi scanner mendukung scan to: memory card, usb flashdisk, atau komputer yang terhubung menggunakan usb. Apa? Tidak ada pilihan untuk menscan ke komputer via Network? Padahal dari komputer hal tersebut bisa dilakukan.. Ternyata oh ternyata, ada settingan dikomputer yang harus dienable, baru menu scan to Computer Via Network muncul di MX-357.

Ada 1 kekurangan dari Printer MX-357 atau seri Wireless Canon PIXMA, yaitu fungsi Wireless memerlukan sebuah access point, dan tidak dapat digunakan tanpanya (tidak mendukung koneksi AD-HOC Wireless).

Overall, kami cukup puas dengan hasil print maupun copy dan scan dari MX-357. Untuk anda yang memiliki budget lebih dan ingin Printer dengan sistim tinta terpisah dapat melirik tipe MX-876 (C/M/Y/K).

Dalam hal perngoperasian dibandingkan tipe lain yang sudah dicoba, kami rasakan Canon lebih user friendly.

Seperti biasa, apabila ada yang berminat meminang barang-barang tersebut, silahkan menghubungi kami pada jam kerja,Y!M: B2B_EGS atau tel: (021) 726-2985.

Terima kasih.

Salam SUKSES LUAR BIASA,

B2B TEAM.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: