Jailbreak or not jailbreak your iDevice?

Hello B2B-er,

Apa kabar?
Tidak terasa, sebentar lagi kita akan kedatangan tamu spesial… Hari Valentine..

Loh apa hubungannya ya? Pasti ada donk.. Kalau Valentine kan biasa traktir orang yang kita sayangi.. Dan lain-lain dan lain-lain kalau iDevice tidak di JB (aka JailBreak), uang jajan banyak lari ke beli apps donk… *hihihi*

Sebenarnya ada loh cara legal mendapatkan apps resmi secara gratis. Hah? Beneran??? Ya, bener lah… Makanya baca terus sampai habis ya..😀

Pertama-tama, kita luruskan dulu mengenai pengertian Jailbreak. Pandangan secara umum, jailbreak identik dengan kemampuan untuk menginstall apps bajakan (dalam dunia iOS, dikenal “TSB” aka Trial Sampai Bosan).

Sebenarnya, JB sendiri bertujuan untuk mendapatkan hak penuh (memaksimalkan kemampuan) dari iDevice kita.

Salah satu perangkat iDevice kami, sengaja tidak di JB, dan baru terasa “sebal” sewaktu mencari app di AppStore untuk mendukung pekerjaan instalasi WiFi.

App yang dicari adalah, pencari signal WiFi, dimana app tersebut bisa menunjukkan channel yang digunakan + kekuatan signal dari perangkat WiFi disekelilingnya. Hal ini sangat perlu untuk diketahui, karena ditempat yang “ramai” signal, bentrokan tidak dapat dihindari, sehingga pada ujungnya akan mempengaruhi kualitas WiFi yang digunakan.

Pada device yang belum terjailbreak, secara otomatis, hanya apps yang berasal dari AppStore yang dapat di-install via iTunes.

By default, kebijaksanaan (policy) Apple tidak mengijinkan suatu aplikasi untuk men-scan signal WiFi yang tersedia beserta informasi seperti enkripsi yang digunakan, bekerja pada channel berapa, dan sebagainya.

App semacam itu, hanya dapat kita temukan di “toko sebelah” alias Cydia (Saurik). Biasanya apps yang tidak lolos di AppStore, bisa jadi dijual via Cydia.

Salah satu ekses negative men-JB adalah kita menggunakan apps “TSB” (karena kita telah mendapatkan kendali penuh terhadap iDevice kita).

Yang merepotkan adalah, pada saat muncul apps update di AppStore, kita tidak dapat langsung mengupdate apps tersebut, kita harus menunggu versi “hitam”nya di share oleh rekan-rekan lain.. Baru deh kita bisa naik kelas.

Pada saat Apple mengeluarkan iOS versi baru (dengan segudang perbaikan di sana-sini), kita juga menjadi was-was, dan biasanya tidak akan naik kelas, sebelum tool JB-nya muncul. *hehehe*

Sekarang, apabila kita bisa mendapatkan apps resmi dari AppStore secara gratis, apakah anda berminat untuk mengetahui caranya?

Sebenarnya mudah kok! Cuma diperlukan alat bantu yang tepat + kesabaran + telaten + Internet yang reliable.

Buka iTunes Store (AppStore), search “AppShopper”. Download dan install di iDevice anda, kemudian registrasikan diri anda. Gunanya registrasi, agar update (price drop, update, dan sebagainya) dapat diinformasikan kembali ke kita.

Kuncinya, tidak semua apps di discount (bisa sampai FREE), pada hari yang sama di iTunes. Agar memudahkan hidup kita, maka menggunakan AppShopper tadi, search apps yang kita inginkan, kemudian centang “want it”, maka kita akan mendapatkan “info” seputar app tersebut, mulai dari perubahan harga (naik/turun), update, dan sebagainya.

Menarik bukan?
Dengan cara tersebut, kami berhasil mendapatkan games, tool business / networking yang berguna.

Untuk iDevice yang sudah di JB, apps essential menurut saya: 1. Mobile terminal (untuk merubah root password; dari apline ke “ttttttt”
2. Goodreader (membaca berbagai macam dokumen + bisa mengakses WebDev server macam google docs, dropbox, dan lain-lain)
3. Jangan dilupakan iFile, sebagai senjata pamungkas dari iDevice yang kita miliki. (Mulai: Files/Folder management, sharing via WiFi, dan seterusnya.

Untuk yang lain-lain, disesuaikan dengan kebutuhan anda saja. Ada eBook interaktif bagi anak-anak, dan lain-lain.

Salam SUKSES LUAR BIASA,

B2B Team.

YOUR TRUSTED SUCCESS PARTNER
[ BanyakGaul.wordpress.com ™ ]
Y!M: B2B_eGS | ✉ : info@BduaB.com

One Response

  1. Nah, nih udah keluar cara jailbreak buat iOS 7.1 – 7.1.2 : http://indopasta.wordpress.com/2014/07/27/cara-jailbreak-ios-7-1-7-1-2/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: