Chrome9 untuk Mac paling aman? – sementara yes!

Ola…, pa kabar B2B-er?

Berawal dari artikel di Tekno Kompas hari ini, jadi pengen mencicipi Chrome 9.  Berikut cuplikan dari tekno.kompas.com dimaksud:

Co-founder Vupen, Charouki Bekrar, dan dua anggota timnya bekerja keras selama dua minggu untuk menemukan kelemahan di Safari 5. Mereka menemukannya pada bagian Webkit, mesin rendering berbasis open source yang digunakan browser tersebut. Mereka sukses mengeksploitasi kelemahan itu dan menembus sistem lewat ASLR (Address Space Layout Randomization) and DEP (Data Execution Prevention), dua fitur keamanan yang khusus dirancang untuk mencegah program jahat menyusup.

Bahkan, tim tersebut telah membuat program khusus untuk disusupkan lewat lubang kelemahan tersebut. Program tersebut mengaktifkan kalkulator dan menginfeksi komputer untuk mengambil akses secara penuh. “Korban yang mengunjungi sebuah website, ia akan terjebak. Tanpa perlu interaksi apa pun,” kata Bekrar.

Sementara IE8 tantangan berhasil dipecahkan peneliti keamanan dari Irlandia Stephen Fewer. Ia sukses menjebol browser tersebut yang berjalan di Windows 7 versi 64 bit. Untuk menembus sistem keamanan IE8, Fewer menemukan tiga kelemahan, dua di antaranya sudah diperkirakannya sejak awal untuk melakukan eksploitasi. Dengan menembus dua kelamahan itu, ia berhasil menemukan kelemahan ketiga untuk menjebol Protected Modesandbox sehingga dapat mengakses sistem operasi secara penuh. Seperti Vupen, ia juga sukses menyusup dengan menjebol DEP dan ASLR di Windows 7.

Wow.. Safari 5, ditembus dalam waktu 5 detik? What a program..🙂  Intinya, hacker jahat, dapat mengambil alih komputer kita, tanpa kita mengclick link apa-pun, cukup dengan mengunjungi suatu website, dan ola komputer kita langsung terinfeksi.

Sehubungan dengan hal tersebut dan karena Chrome browser terkenal lebih enteng + perkasa di Windows dibandingkan saudara tuanya (FireFox), maka saya jadi termotivasi untuk mencobanya di Mac (or Hackintosh).

Disini masalah dimulai..

Masuk ke http://www.google.com/chrome.  kemudian pilih bahasa yang diinginkan bagi browser Chromenya. Click download, kemudian click agree pada pernyataan yang muncul.  Lalu muncul halaman yang menyatakan terima kasih.  Mana si Chrome-nya ya?

Search di google, eh ternyata yang mengalami nasib seperti saya bukan cuma saya seorang.. *hahahaha*

Tantangannya sekarang, bisa di-:akalin” ngak sih?  Jawabannya bisa.  caranya… gunakan program download manager untuk Mac, kemudian masukkan URL dibawah ini:

https://dl-ssl.google.com/chrome/mac/stable/GGRO/googlechrome.dmg

Saat ini saya sudah terhasil mendownload Chrome 9 untuk mac.  Bagaimana dengan anda?  Apakah anda sudah melindungi diri dari kemungkinan penyusupan program jahat?

Save durfing.

 

Cheers,

B2B SOLUTION

 

16-03-11

Dapat update dari kawan, versi full dari cuplikan di tekno.kompas.com.. ternyata peserta hacking contest untuk Chrome & FireFox mengundurkan diri.. oleh karena itu sampai dengan saat ini, aplikasi tersebut masih dinyatakan belum terhack.  artikel lengkapnya dapat dibaca disini..

http://arstechnica.com/security/news/2011/03/pwn2own-day-2-iphone-blackberry-beaten-chrome-firefox-no-shows.ars

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: