Cara setting & mengaktifkan WDS menggunakan Buffalo WCR.

Halo, apa kabar?

Kebetulan sedang senggang (sedikit) … kali ini kami ingin berbagi mengenai setting WiFi Router WCR series… Kenapa Buffalo? Karena WCR (ekonomis) mendukung fungsi repeater (penguat signal WiFi). Apabila selama ini ada bagian-bagian kantor / rumah anda yang belum mendapatkan signal WiFi, sedangkan menginstalasi kabel ribet, maka anda wajib mengetahui mengenai WCR ini.

Bentuknya sederhana, dengan beberapa LED untuk menunjukkan status power, security, wireless, router, atau diagnostic. Oh ya, khusus tipe WCR, antenanya tidak bisa dicopot (ganti). Pada bagian belakang, ada 1 tombol AOSS/WPS, 4 LAN ports, 1 WAN port, serta power socket. Berwarna putih, cocok untuk disandingkan dengan perangkat Apple J tapi apabila kotor akan jelas terlihat.

Baik pertama-tama kita akan membahas mengenai setup WiFi Router ini agar bisa membagi jalur Internet ke beberapa perangkat lainnya.

Hubungkan keluaran modem xDSL/Broadband, ke bagian WAN dari WCR ini. Kemudian hidupkan komputer anda, maka anda akan segera terkoneksi ke WCR.

Pada awalnya si WCR akan menggunakan MAC ADD sebagai SSID-nya… setelah terkoneksi secara wireless, buka Internet browser (IE / FF / Chrome) ke address 192.168.11.1, user ID = “root”(tanpa tanda kutip), password biarkan kosong.

Tampilan pertama dari WCR screen..

Default mode yang dipilih adalah Router. Apabila ingin digunakan sebagai penguat dari Wireless lainnya, cukup merubah mode tersebut ke Bridge, kemudian ada 1 setting lagi dalam Wireless Config, bernama “WDS” (inti dari “WDS” ini adalah memasukkan detail dari Wireless yang ingin dikuatkan signalnya; info yang dibutuhkan SSID + jenis enkripsi + password)

Kembali ke laptop!

Eh, kembali ke screen pertama diatas, standardnya, Internet beserta setting akan di detect secara manual, akan tetapi kami menemukan beberapa perangkat modem tidak didukung oleh WCR, sehingga setting harus dilakukan secara manual. (PS: apabila modem sudah mendukung fungsi DHCP, baiknya fungsi DHCP WCR dimatikan atau diganti range IP-nya; nanti akan kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini).

Baik, sekarang kita anggap saja setting router ini harus dilakukan secara manual, silahkan di click pada Internet/LAN.

Screen untuk memasukkan setting Internet.

Apabila WCR dapat mendapatkan alokasi IP dari perangkat modem, silahkan memilih Acquire an IP address automatically from a DHCP server, kemudian tekan APPLY dibawah. Akan tetapi apabila kebetulan ada sedikit ketidak cocokan antara perangkat yang anda miliki, tenang saja, cukup memasukkan IP yang akan kita assign ke WCR.

Dalam contoh ini, karena existing network kami di 10.1.0.101 – 10.1.0.110 maka di-assign IP WCR sebagai 10.1.0.10 (agar tidak terjadi konflik dengan perangkat lainnya dalam network).

Hal lain yang harus kita isikan adalah Default Gateway, diisi dengan alamat IP dari modem kita.

PS: Untuk mudahnya.. alamat gateway biasanya cukup merubah kolom ke 4 dari IP anda saat itu ke angka 1. Apabila perangkat anda mendapatkan IP 192.168.1.101, maka gateway anda adalah 192.168.1.1, bingung? Mudah-mudahan sudah tidak ya, yang di BOLD diganti jadi 1.

Ok, setelah itu selesai, kemudian saatnya kita menggarap setting Wireless networknya, sebaiknya diberikan password, agar tidak ada yang bisa ikutan dompleng ya.

Screen setting DHCP

Sebelum kita mengupas cara setting lebih jauh, ingat diawal tadi kita membicarakan mengenai mengganti setting DHCP? Hal tersebut dilakukan dari screen diatas (Internet/LAN -> LAN).

Apabila modem anda sudah menyediakan DHCP, kemudian fungsi DHCP di WCR juga tidak ingin di non-aktifkan, sebaiknya, range IP harus dipastikan tidak sama dengan yang diberikan dari modem.

Banyak atau sedikitnya device yang bisa connect pada saat bersamaan, dapat diatur pada bagian DHCP IP Address Pool; contoh: mulai dari 192.168.11.2 sebanyak 64 addresses, artinya mulai dari IP 192.168.11.2 dialokasikan sebanyak 64 alamat yang berguna apabila ada perangkat yang ingin terkoneksi.

Apabila hanya ingin mengalokasikan untuk 5 perangkat, maka harusnya tertulis 192.168.11.2 sebanyak 5 address(es). Artinya 5 IP disiapkan mulai dari 192.168.11.2, 192.168.11.3, 192.168.11.4, 192.168.11.5, dan 192.168.11.6

Sekarang mari kita lanjutkan ke bagian setting Wireless Networknya.

Screen Wireless Network Config: Basic (11n/g/b)

Pada bagian ini, silahkan mematikan SSID2 .. SSID4, sisakan SSID1, kemudian setting pengenal (nama) yang ingin anda berikan untuk Wireless Router ini. Apabila tidak diisi maka, nama WCR menggunakan MAC Address.

Tips untuk Authentication, sebaiknya pilih WPA2-PSK dengan encryption AES. Tipe ini masih lebih sulit untuk di bobol, dibandingkan tipe lainnya.

OK, setelah selesai melakukan konfigurasi, jangan lupa untuk menekan APPLY, agar perubahan tersimpan di WCR.

SPECIAL NOTE:

Untuk menambah jangkauan dari wireless router lainnya, pada screen pertama, pilih bridge kemudian apply.

Router otomatis akan restart, setelah itu, colokkan kabel LAN ke salah satu port LAN di belakang WCR, IP LAN computer di set secara manual ke 192.168.11.2. kemudian hidupkan browser Internet dan buka url 192.168.11.100

User id = root, dengan password dikosongkan.

Sekarang, masuk ke bagian “wireless config”, disebelah kanan dari “MAC Filter” akan tersedia tombol baru bertuliskan “WDS” (aka Wireless Distribution System). Click pada tombol tersebut, kemudian masukkan detail wireless network yang ingin kita perkuat signalnya.

Informasi yang dibutuhkan:

1. SSID,

2. Authentication (WPA/WPA2..),

3. Security key

APPLY

Dan coverage signal WiFi kita sudah diperkuat.

Sampai jumpa dilain kesempatan.

Salam SUKSES LUAR BIASA,

B2B SOLUTION.

2 Responses

  1. saya coba dulu siapa tau bisa.thx

  2. Amin bro Wahid. 🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: