Personal Clouds Storage Solution? Mungkinkah?

Hi! Apa kabar semua?

Kali ini kami ingin menyoroti kemacetan yang terjadi di kota besar, menumbuhkan pula pola kerja mobile, oleh karenanya mendorong pula kebutuhan akan solusi mobile storage (penyimpanan yang bisa diakses darimana saja).

Secara umum, ada jasa yang menawarkan penyimpanan di awan (clouds), baik yang gratis seperti Dropbox & Box.net, Apple (iClouds). Pemakaian sampai batas tertentu free, setelahnya maka kita akan di charge oleh mereka.. entah per-bulan, atau tahunan.🙂

Semua solusi tersebut juga membuat kita tidak memiliki control atas data kita. Entah data kita disimpan di negara mana, atau siapa saja orang iseng yang bisa mengintip data kita, dsb.

Bagi sebagian kita yang menaruh perhatian lebih pada keamanan, atau sebagian kita yang sudah merasakan enaknya menggunakan SSD HDD (yang harganya masih mahal dibandingkan HDD platter – sehingga HDD di hemat-hemat), pastinya membutuhkan space HDD yang lebih. Kabar gembira, ternyata ada loh solusi ekonomis membuat Personal Clouds yang bisa diakses darimana saja.

Disini kita membicarakan space dalam satuan TB (bukan GB apalagi MB), dan yang lebih manjur lagi, semua di host pada infrastructure kita sendiri (Office / Home); tentunya persyaratan utama adalah koneksi Internet yang baik dan stabil.

Seperti diagram diatas, kita dapat mengakses data yang tersimpan pada WD ini dari mana saja. Baik dari Internet menggunakan computers atau smartphones & tablets (iOS – Apple iPhone/iPad; Android – HTC / SAMSUNG / dsb).

Khusus untuk tablet / smartphones (iOS / Android), seperti kita tahu, space hanya tersedia dalam 16GB / 32Gb / 64Gb, dimana space tersebut juga di share dengan applications yang terinstall. Dengan WD maka kapasitas tablet/smartphone kita menjadi virtually tidak terbatas (kalau habis, beli lagi WD yang baru donk…😀 )

Oh ya, salah satu fungsi yang tidak kalah kerenya, adalah sync photo yang kita ambil di tablet/smartphone langsung ke HDD tersebut dan bisa diakses dari komputer mana-pun. Tidak perlu menggunakan EyeFi (SD-card WiFi transfer) atau colok flashdisk/HDD ke computer lagi donk ya?🙂 Di iOS5 – iClouds fungsi ini dinamakan PhotoStream. :p

Selain menambah kapasitas HDD untuk tablet/smartphone, solusi ajaib ini juga bisa kita gunakan sebagai backup dari komputer kita (Windows/OSX). Jaga-jaga apabila pada waktu kita presentasi, ada data yang terlupa, bisa minta rekan di kantor untuk meng-copy-kan ke public folder kemudian langsung kita download. Bisnis pun lancar.

Bukan cuma berfungsi sebagai backup, tapi device mungil dan sexy ini bisa kita gunakan juga untuk streaming media ke entertainment center kita (WD TV-Live). Asik bisa langsung ditonton di layar FullHD donk ya…😀

Terakhir, akan tetapi tidak kalah pentingnya. Seperti informasi diawal, semua data kita, bisa diakses via Internet, tanpa pengguna perlu melakukan setup yang ribet menggunakan dyndns, port forwarding dan lain-lain.

Pertama kali dikeluarkan dari box, cukup menghubungkan ke Router, kemudian melakukan konfigurasi menggunakan Internet Browser, create user & password. and Viola, you are done! (Langkah entra diperlukan, khusus untuk tablet/smartphone; yaitu melakukan pairing 1x saja diawal – seperti pairing bluetooth).

Oh ya, sebelum lupa solusi luar biasa ini, menurut kami solusi ajaib ini ditujukan untuk Perorangan dan SOHO/SMB. Dimana dibutuhkan solusi yang ekonomis dan memanfaatkan / memaksimalkan infrastructure yang sudah tersedia.

Bayangkan memiliki penyimpanan di awan sebesar 1TB….!!! Hem.. pastinya enak ya.🙂 Tidak perlu lagi untuk membawa-bawa HDD portable 2.5″ + kabel.. cukup bawa ultraportable notebook (seperti Macbook Air yang slim & sexy with WOW effect😀 atau Asus Transformer Prime). Kapasitas tersedia mulai dari 1TB sampai dengan 6TB.

Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi:
e-Mail: Sales (at) BduaB (dot) com atau
Tel: (021) 726-2985.

Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Salam SUKSES LUAR BIASA,

– B2B Team –

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: