Melawan dominasi Apple, lawan berat Macbook Air?

Halo semua,

Mumpung weekends, lagi penasaran dengan yang produk-produk yang mengaku / diakui sebagai lawan berat Macbook Air 13″.

Cari punya cari, ternyata menurut website teknologi di luar negeri barangnya adalah DeLL 13z L321X (13″, 256GB SSD, 4GB (2x2GB) DDR3, no optical drive, 2 USB, 1 port-audio, backlight keyboard) dipersenjatai dengan Win7 Home Premium 64bits. Kebetulan ada yang mampir ke tempat kami, sehingga bisa segera dicoba. *yummy*

First impression, sewaktu membuka kardus besarnya, cukup terasa exclusifitasnya. Ada dus kecil lagi tempat meletakkan laptop dengan ukuran lebih besar sedikit dari dus iPad (ya pasti la yau, 13″ loh!).

Begitu dikeluarkan, cukup WOWW.. Karena laptop ini dibalut casing alumunium mirip MBA. Ketebalannya juga kurang lebih sama. Sisi-sisinya tidak ada yang tajam. Layarnya mengadopsi frameless LCD, berwarna hitam. Kompetitor lainnya masih berbahan plastik😀

Oh ya, sebelum lupa, dalam dus tersebut, cuma ada 1 sampul hitam (mirip paket amplop Apple product – everything else about your mac) + 1 buah adaptor mungil (45w). Tidak ada kabel untuk menghubungkan laoptop ini ke LCD Projector dan lain-lain.

Begitu dibuka, bagian dalam keyboard berwarna hitam dari bahan plastik PU. Cukup menjanjikan, akan tetapi menurut kami agak mengurangi nilai estetikanya dibandingkan keyboard langsung diatas bahan alumunium.

Begitu selesai setup Win7 pertama kali, reboot langsung masuk ke Windows. Yang pertama-tama dilakukan adalah update Windowsnya. Err, sebetulnya registrasi & mengaktifkan Win7 dulu sih.😀

Kemudian ada menu pengaturan DeLL, seperti power management. Di laptop ini, default settingnya, battery baru akan di charge ulang apabila sudah dibawah 50%. Tentunya pengaturan ini bisa kita sesuaikan dengan keinginan pemilik.

Nice thing di keyboard, bentuknya sudah chicklet, ada backlight (walaupun tidak secerah Apple) yang hanya bisa dikontrol hidup/mati (tidak bisa redup), Dan seperti laptop Windows pada umumnya, ada tombol khusus print-screen, kemudian Home, Pg-Up / Pg-Dw, dan End (missing buttons in Apple? :D). Feeback yang didapatkan user, dalam melakukan pengetikan di keyboard L321X ini cukup baik (walaupun belum seempuk Mac, lagi?) *hahahaha* (tidak, kami bukan AppleFanBoy).

Trackpad, cukup lega, tapi entah mengapa menurut saya masih belum senyaman OS X. Untuk scrolling dan lain-lain. Belum lagi masalah penekanan button, masih dibagi menjadi 2 bagian, kanan dan kiri (di Apple dengan tap 2 jari atau tap 1 jari + option key). Kadang kala sewaktu ingin mengeluarkan opsi dengan klik-kanan suka tidak merespon, hanya karena meng-klik melewati batas yang telah ditentukan.

Speaker cukup nyaring, dan bisa dilakukan test stereo (kanan – kiri)😀 Engsel layar, terasa cukup kokoh menahan layar. Bahkan apabila diletakkan pada bidang yang hanya mensupport bagian body bawah keyboard, notebook tidak akan terbalik walaupun layar dibuka maksimum ±120˚.

Secara sepintas, cukup nyaman melakukan aktifitas menggunakan DeLL 13z L321X. Bobotnya mungkin masih sedikit lebih berat dari Macbook Air 13″. Penggunaan SSD membuat laptop ini memiliki waktu kerja lebih panjang dari laptop umumnya serta mengurangi resiko storage rusak karena guncangan. Satu hal yang menurut kami cantik, adalah sertifikat COA Windows, diletakkan dalam tempat tersendiri, membantu mencegah rusak karena tergesek-gesek, dan lain-lain.

Notebook ini cocok bagi para eksekutif / pekerja yang mobile, akan tetapi dengan tidak disertakannya kabel untuk menghubungkan laptop ini ke layar projector dalam paket penjualan mengurangi sedikit penilaian.  Catatan: baru kali ini kami menemukan, laptop Intel Windows yang menggunakan Mini DisplayPort sebagai link untuk ke LCD Projector.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan membuka http://www.BduaB.com

Salam,

http://www.BduaB.co.id

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: