5 Tips Berbisnis Online

Cara Mudah Meng-online-kan Bisnis Anda

Memulai usaha online, sepertinya sesuatu yang susah untuk dilakukan, apalagi dengan kondisi prasarana infrastruktur yang belum bagus, contoh: koneksi internet yang belum merata, ketersediaan komputer, sampai sumber daya manusia yang terbatas.

Akan tetapi tahukah anda, bahwa segala sesuatu menjadi mudah kalau sudah tahu caranya?
Mari sama-sama kita belajar beberapa tips memulai usaha online. Perlu diingat, mutu barang, kualitas layanan, dan lain-lain berpengaruh langsung terhadap kredibilitas usaha anda.

Usaha di dunia maya (online) sama seperti usaha di dunia nyata. Yang membedakannya, toko online anda buka 24×365, jadi pastikan anda membangun kredibilitas dan reputasi yang baik.

Tanggal 12 Oktober 2012, bertempat di kantor pusat AXIS @ AXIS tower (Menara Dea 2), saya mendapatkan beberapa kisah inspiratif, yang akan saya bagikan disini.

Sebagian besar dari kita berpikir, “ah, usaha saya tidak mungkin dijadikan online!” Mungkin karena hanya berjualan kue basah? Hem.. akan tetapi siapa yang bilang tidak mungkin? Ini buktinya…

Ibu Wieke Anggarini Kusumaningsih, pemilik Tahu Petis Yudhistira. Usaha beliau berawal dari lapak kaki lima di Semarang, sekarang Tahu Petis Yudhistira dijual secara online, memiliki outlet di beberapa kota besar, bahkan sampai merambah ke benua Eropa.

Menurut Danny Oei (@dWirianto), pendiri MindTalk dan Kaskus, juga salah satu tokoh kunci dibalik kesuksesan Kaskus (dengan perputaran uang sekitar US$700juta per-tahun).

Pada awalnya ibu Wieke berjualan menggunakan FJB Kaskus, akan tetapi cara berjualan hard-selling (langsung menjajakan barang) tidak berhasil.

Tips #1. hard-sell tidak manjur, gunakan soft-sell
Saat ini, orang menggunakan internet untuk mencari informasi dan solusi. Apabila kita hanya menawarkan barang (hard-sell), kebanyakan mungkin tidak akan membeli (seperti pengalaman bu Wieke).

Usaha ibu Wieke mulai bergerak, pada saat beliau mencoba membagi-bagikan tips mengenai cara membuat tahu petis yang enak secara gratis. Hal ini membangun komunikasi dengan para “fans”, yang kemudian datang untuk mencicipi Tahu Petis Yudhistira, hal ini akhirnya membuat promosi dari mulut ke mulut, sehingga usaha Tahu Petis ibu Wieke berkembang pesat.

Tips #2. Bangun komunikasi / interaksi

Pada saat menggunakan media sosial (facebook, twitter, dan lain-lain), selalu gunakan kalimat bertanya. Kalimat bertanya akan menarik orang untuk berinteraksi, menyampaikan pendapatnya, hasil percobaan mereka terhadap “resep” anda, dan sebagainya.

Untuk itu persiapkan juga mental anda, apabila mungkin ada beberapa yang mengkritik “resep” yang kita banggakan.

Berbekal tips-tips sederhana seputar tahu petis yang ibu Wieke kumpulkan dan bagikan secara online, akhirnya terbangun interaksi komunikasi yang baik dengan calon pelanggan.

Kemudian beliau menerima tantangan mengikuti lomba di berbagai kesempatan. Hasilnya?

Ok, sekarang kami mengerti bahwa kita harus membangun komunikasi dengan para calon pelanggan, pertanyaan selanjutnya, kami belum memiliki modal untuk membuat sebuah website (yang sekarang tidak murah). Apakah yang pertama-tama harus kami lakukan?

Tips #3. Gunakan fasilitas gratis
Dengan maraknya pertumbuhan Internet di dunia, sebelum anda memiliki cukup dana untuk menggunakan domain sendiri, banyak penawaran website gratis yang dapat anda gunakan.

Misalnya: Facebook (www.facebook.com) fan page, wordpress (www.wordpress.com) membuat blog, bahkan google berusaha merangkul UKM Indonesia dengan memberikan domain “.id” secara gratis (dengan syarat yang mudah) untuk 1 tahun pertama (www.bisnisgoonline.co.id).

Setelah anda mendapatkan cukup modal untuk menggunakan alamat domain sendiri, jangan ditunda, segera klaim domain anda (sebelum diambil oleh orang lain). Nama domain adalah identitas pribadi usaha anda, jadi orang dapat mencari anda ke alamat tersebut dan menemukan anda. Pernahkah anda pikirkan, apa jadinya, kalau domain anda digunakan oleh saingan anda?🙂

Setelah jaman friendster, facebook, twitter, saat ini sedang populer jejaring sosial berbagi photo yaitu Instagram. Biasanya pengguna Instagram mengambil foto makanan sebelum dikonsumsi, menggunakan handphone berbasis iOS (iPhone); program ini juga sudah tersedia untuk handphone berbasis Android.

#ComodoMenu Di kutib dari food.detik.com Penulis: Fitria Rahmadianti – DetikFood (2012/10/20). Photo: Mashable.

Felipe Donnelly, pemilik Comodo, terinspirasi dari seringnya pelanggan memotret hidangan mereka. “Orang-orang senang memotret makanan. Kami ingin menggunakan apa yang sedang tren di jejaring sosial dan mengubahnya menjadi alat yang bermanfaat dan menyenangkan di restoran kami,” ujarnya kepada Mashable (16/10/12).

Tulisan hastag (tagar) ‘#ComodoMenu on Instagram’ tercantum di bagian bawah menu cetakannya. Kalau pelanggan menemukan hidangan yang ia inginkan, tinggal tunjukkan saja kepada pelayan. Para staf juga mempersilahkan pengunjung untuk memotret hidangan dan mengunggahnya ke Instagram. Tentunya hastag (tagar) #ComodoMenu tak lupa dicantumkan beserta ulasan tentang hidangan tersebut.

Bayangkan, buku produk kita yang terbatas, tiba-tiba menjadi tidak terbatas tanpa mengeluarkan uang sedikit-pun. Dengan melakukan hal sederhana tersebut, Comodo mendapat publikasi secara gratis karena memanfaatkan jejaring sosial.

Tips #4. Manfaatkan kata kunci
Selalu ingat menggunakan kata kunci yang sesuai untuk halaman web anda. Kata kunci ini digunakan oleh mesin pencari (seperti google, yahoo, microsoft bing, dan lain-lain) untuk membuat index pencarian. Jadi pada saat seseorang mencari sesuatu informasi di internet, otomatis mesin pencari akan memberikan hasil yang menurutnya paling sesuai. Kata kunci yang tepat membantu memastikan informasi yang telah anda tempatkan di internet, menjadi mudah ditemukan oleh orang yang membutuhkan. Contoh kata kunci, misalnya: 1. baju, 2. baju muslim, 3. mobil, 4. avanza, 5. modem 3G, 6. rumah, dan sebagainya.

Tips #5. Aktif dalam komunitas online
Toko online hanya perpanjangan-tangan dari usaha anda di dunia nyata. Apa-pun yang anda lakukan di dunia nyata maupun dunia maya, akan saling mempengaruhi bisnis anda.

Di dunia nyata, kita perlu bersosialisasi dan dikenal oleh rekan bisnis serta target market, begitu juga di dunia maya. Carilah komunitas online yang sesuai dengan bidang usaha (dan hobi) anda. Bergabunglah disana, dan pastikan anda aktif berinteraksi. Biasanya dalam setiap postingan, anda dapat menempatkan satu baris berisi link menuju website pribadi anda.

Danny Oei – MindTalk & Kaskus
“Waktu kecil saya termasuk orang tidak berpunya. Pergi kemana-mana harus bermain akrobat (naik motor beramai-ramai satu keluarga). akan tetapi saya memfokuskan diri harus berhasil, merubah nasib.”

Kesimpulan:
Saat ini, berjualan dengan cara hanya berjualan sudah tidak manjur. Sebab tujuan utama orang menggunakan internet adalah sebagai perpustakaan mencari jawaban atau solusi untuk masalah yang sedang mereka hadapi.

Cara terbaik saat ini untuk berjualan secara online adalah dengan melakukan interaksi dengan target market anda melalui medium yang tepat. Medium bisa menggunakan sosial media (facebook, twitter, instagram, path, Kaskus, dan lain-lain), ataupun melalui blog (wordpress & blogger).

Apabila anda masih belum yakin untuk berbisnis secara online, atau belum memiliki modal untuk memulai bisnis online, jangan ragu manfaatkan fasilitas yang tersedia di internet secara gratis untuk mendukung usaha anda, baik membangun interaksi dengan target market, maupun membangun kredibilitas online anda (social media dan blog).

Salah satu kendala menggunakan fasilitas website gratis adalah anda harus benar-benar memperhatikan syarat & ketentuan dari penyedia layanan. Ada pengalaman pribadi, dimana “toko” yang tidak pernah di-update, tahu-tahu hilang tanpa pemberitahuan/konfirmasi terlebih dahulu, kemudian sekarang digunakan oleh orang (“toko”) baru untuk menjual barang jenis lain.🙂

Maksimalkan penggunaan kata kunci, agar memudahkan orang mencari / mencapai halaman web anda. Pemilihan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan isi halaman web, menjamin target market anda datang, serta memperbesar kemungkinan mereka untuk membeli produk yang anda tawarkan (soft-sell).

Siapkan diri anda dan perlengkapan pendukung usaha anda, karena toko online buka selama 24 jam sehari sepanjang tahun (365 hari). Calon pelanggan online anda mengharapkan tanggapan yang cepat dan jelas atas pertanyaan mereka.

Sekiranya belum memiliki perangkat komputer, dapat pergi ke warnet terdekat (sekalian minta diajarin) bagaimana caranya membuat account social media yang ingin digunakan.

Bagi sebagian kita yang telah memiliki perangkat komputer (tapi miskin koneksi internet), dapat memanfaatkan tawaran internet murah dari operator seluler seperti AXIS, yang memberikan bonus internet gratis setiap isi ulang hanya Rp. 5000 (lima ribu rupiah). Paket Internet kecepatan tinggi lainnya, mulai dari harga Rp. 24.900 saja.

Marilah, mulai beraktifitas secara online, tunjukkan diri anda dengan membagi-bagikan pengetahuan, mudah-mudahan anda menjadi ibu Wieke selanjutnya.🙂

Hem… Kira-kira apa yang akan muncul di google apabila sekarang kita ketik “tahu petis”?😀

3 Responses

  1. selamat ya sob… tulisannya memang bagus…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: