Melacak device anda yang hilang (ANDROID & iOS)!

Hi,

Setelah mengalami kehilangan BB Onyx (PIN: 229E5FD6) – 26 Juli 2012 jam 13:xx yang lalu. Saya mengalami “parno”, sehingga segala sesuatu di password. Setiap ada kawan memiliki device baru, kemudian minta tolong di setup, pasti saya bantu setup dengan tidak lupa mengaktifkan fungsi tracking (apabila ada & tersedia).

Ceritanya hari Sabtu, 13 April 2013 sekitar jam 15-an, ada seorang kawan sedang melakukan meeting di Food Court @ Pluit Village. Kondisi Food Court sepi, doi duduk di sebuah meja panjang, dengan posisi sebelah kanannya pot bunga (pohon). Karena membutuhkan internet untuk mengirimkan laporan via laptop, doi akhirnya mengeluarkan perlengkapan modem (HP Flexi beserta kabel data), selagi sibuk mengatur & menghubungkan perangkat, tiba-tiba baru tersadar kalau GTab2-nya sudah lenyap dari sisi doi. Hasil penelusuran CCTV, kawanan pencuri beranggotakan 4 orang, dengan 1 orang wanita.

Yang hilang:
1 buah SAMSUNG GTab2 7.0 16GB garansi SEIN
Type : GT-P3100 (3G + WiFi)
Serial no: GH90-08732B
IMEI : 354795/05/246600/7
Warna : Silver Titanium
Buatan : Vietnam

Hilang beserta keyboard bluetooth merangkap leather case, dan memory MicroSD PNY 32GB class10. Bagi yang menemukan, boleh menghubungi no HP pemilik: +628164809645.

Nah, dengan ini saya ingin membagikan pengetahuan, bagaimana caranya memproteksi device kesayangan kita secara baik dan benar, agar paling tidak masih tetap dapat kita lacak (apabila hilang).

Untuk iDevice ber-3G, sudah memiliki perangkat keras GPS di dalamnya, sehingga bisa dilakukan pelacakan dengan lebih akurat. Bagi perangkat yang belum memiliki perangkat keras GPS, yang terdeteksi adalah BTS tempat perangkat itu terkoneksi.

Pertama-tama saya akan menjelaskan bagaimana mengaktifkan fasilitas mencari device kita di android, setelah itu pada bagian bawah dapat anda baca petunjuk bagi device iOS (Apple).

Baik, segera kita telusuri cara mengaktifkan layanan ini via menu settings di GTab2 7.0 (OS: JellyBeans 4.1.2); Diasumsikan, anda telah memiliki SAMSUNG ACCOUNT.

SETTINGS -> SECURITY

Pertama-tama aktifkan fungsi CHANGE SIM ALERT
Gunanya, agar, apabila pencuri mengganti SIM card yang aktif, otomatis, kita akan menerima informasinya (no SIM card baru) lewat SMS pada no. telepon alternatif.

Tap sekali pada CHANGE SIM ALERT, anda akan masuk ke layar berikut ini.

Masukkan password ke SAMSUNG ACCOUNT anda kemudian klik DONE.
Tunggu verifikasi data yang dilakukan ke server SAMSUNG.

Setelah itu, anda akan menemukan layar berikut ini:

Disini, anda dapat menentukan no Alternatif yang akan dikirimkan SMS apabila SIM card diganti.
Anda dapat pula, menentukan secara khusus, pesan yang akan anda terima, apabila terjadi pergantian module SIM.

Tap pada tombol CREATE untuk memasukkan no baru; tap pada Alert Message, apabila anda ingin mengganti isi pesan standar.

Jangan lupa menTAP, tombol SAVE, agar seluruh perubahan yang telah anda lakukan tersimpan.
Berikutnya, kembali ke halaman depan (sesuai contoh dibawah), dengan menekan tombol return (panah berbalik) beberapa kali..

Kali ini, coba Tap pada bagian REMOTE CONTROLS, maka layar berikut akan muncul.

Tap OK

Pastikan tanda centang ada pada bagian LOCATION CONSENT.

Sementara anda telah mengaktifkan fitur mencari perangkat, untuk mulai melacaknya, anda dapat masuk melalui internet browser di PC (atau perangkat mobile lainnya); Catatan: ada sedikit perbedaan menu antara akses di PC dengan akses diperangkat bergerak lainnya.

Contoh akses dari PC:

Buka url http://findmymobile.samsung.com/login.do
Masukkan SAMSUNG ACCOUNT anda, kemudian click SIGN IN

PERHATIAN:
Apabila anda masuk kesini karena ingin mencari barang hilang, pastikan anda masuk ke bagian LOCK MY MOBILE sebelum melakukan pencarian. (Karena ketidak-tahuan saya sebelumnya, sibuk dibagian LOCATE MY MOBILE, akhirnya pencuri keburu mematikan GTab/mengganti kartu SIM).

Pada bagian LOCATE MY MOBILE, anda dapat melakukan pelacakan real-time atau melakukan tracking.
Bedanya, menu tracking digunakan, apabila anda ingin melakukan pelacakan otomatis setiap 15 menit selama 12 jam secara terus-menerus. Tidak mungkin 12 jam anda terus duduk tidak bergerak dari depan layar komputer bukan?🙂

Sedangkan menu FIND MY MOBILE (Temukan Perangkat saya), langsung menunjukkan posisi pada saat tersebut.

Jadi sewaktu anda sadar perangkat anda telah hilang, segera gunakan menu LOCK MY MOBILE.
Disini device akan otomatis dikunci, dengan PIN sekali pakai, kemudian pesan yang tampil pada layar kunci dapat anda tentukan sendiri. Oh ya, perangkat (GTab2) otomatis akan bisa melakukan phone call ke no telepon yang anda masukkan disini.

Apabila berhasil, maka kira-kira anda akan menemukan layar seperti ini…

Contoh Lock Screen di GTab2 7.0

Untuk keluar dari lock ini, anda harus memasukkan PIN yang tadi dibuat @ website findmymobile.samsung.com

Selesai melakukan unlock, maka anda akan langsung berada di HOME SCREEN dari perangkat pintar SAMSUNG anda.

Sebagai pembanding, bentuk website yang sama, apabila diakses dari perangkat mobile lainnya, adalah sebagai berikut:

Setelah login menggunakan SAMSUNG ACCOUNT, maka anda akan menemukan layar berikut ini:

Sama seperti versi web di PC, anda bisa melakukan pencarian perangkat anda yang hilang secara real-time.

Pada saat mengaktifkan fungsi ini, maka perangkat akan coba diakses oleh SAMSUNG.

Disini bagian yang agak berbeda, dimana kalau versi PC, anda dapat menentukan isi dari pesan yang ditampilkan beserta no tel alternatif yang ingin anda kirimkan, disini, hanya tersedia fitur LOCK (mengunci device anda).

Baik dari versi PC maupun bergerak lainnya, anda dapat menghapus isi perangkat maupun external memory anda. Tentunya dengan catatan, perangkat tersebut masih aktif terhubung ke server SAMSUNG.

Selain menghapus data, anda dapat juga membuat device anda untuk berbunyi secara terus-menerus selama 1 menit dengan suara dering paling kencang (maksimal).

Sayangnya, ada beberapa hal yang menyebabkan kami pada waktu itu tidak bisa melakukan hal-hal yang telah diuraikan disini, Sehingga GTab2 7.0 tersebut dinyatakan lenyap tidak berbekas.😦 Semoga pengalaman kami, bisa membantu rekan-rekan yang lain mengamankan barang miliknya.

Sebagai pendamping, anda juga dapat mengaktifkan fitur GOOGLE LATITUDE; Location History, sehingga riwayat keberadaan device otomatis akan tersimpan ke server google.

Fitur penelusuran SAMSUNG hanya dapat dilakukan secara manual via remote, sedangkan GOOGLE LATITUDE; ENABLE HISTORY, dilakukan secara otomatis. Pada saat terjadi musibah (orang hilang, diculik, dan lain-lain), tanpa melakukan tindakan apa-pun otomatis, anda dapat melihat riwayat pergerakan maupun real-time posisi perangkat tersebut ada dimana.

Untuk iDevices dengan iOS-nya (baik iPhone maupun iPad), setting yang mirip dapat dilakukan melalui:
“Find My iPhone / iPad” lewat iCloud setting.

Masuk ke:
SETTINGS -> iCloud

Kemudian gulung layar kebawah, sampai menemukan “Find My iPhone” (di iPad akan bertuliskan “Find My iPad”).
Pastikan switch berwarna biru, dan terdapat tulisan ON.

Untuk mengaksesnya, anda dapat membuka website
http://www.icloud.com

Kemudian login dengan AppleID yang anda gunakan untuk mulai melakukan tracking menggunakan account iCloud dimaksud.

Viola, anda sudah menemukan kembali perangkat anda yang hilang (Kompas, 11 April 2013; berita perampok jalanan yang mengambil iPad kemudian ditelusuri sampai pencurinya ditemukan & ditangkap polisi).

Menurut saya pribadi, perangkat Apple sedikit lebih susah untuk dimatikan oleh pencuri, karena SIM card harus dikeluarkan menggunakan bantuan alat khusus (ejector tool), dengan ukuran SIM card yang lain daripada yang lain, akan menyulitkan pencuri manapun.

Semoga tips sederhana ini membantu kita sekalian, menjadi lebih aman menjalani hidup. Amin!

Salam SUKSES LUAR BIASA,

– BanyakGaul –

10 Responses

  1. telah hilang SAMSUNG I9200 Galaxy Mega 6.3 imei 357392055427595 serial number RF1D74XYP3B warna putih , di curi dari tas keponakan saya waktu sedang belanja dompet di mall lippo karawaci tangerang, sepertinya ibu-ibu yang mencurinya , mohon bantuannya, terima kasih

    • Hi Chandra, turut bersimpati atas kehilangan keponakan anda. Semoga mendapat ganti yang lebih baik, Amin!

      Kemarin baru ketemu Steve, dia cerita Note4 dia hilang di tempat kost, pada saat dilacak & terekam foto orang, posisinya ada di Cilacap.

  2. gan , kalo cara cek iphone via imei gimana ?

    • iPhone ngak di lacak via IMEI, tapi FIND MY iPHONE. Bagusnya kalau sudah iOS7 keatas, bisa di lock (report/set lost di iCloud) dan tidak bisa di reaktifasi tanpa account iCloud yang menguncinya.

  3. gan , ane minta tolong cara ngecek hp yyg ilang via imeoui gimana yah ?

    • Melacak via IMEI kerja-sama dengan operator seluler & kepolisian bro. Jadi langsung ke poslek terdekat. Lebih bagus kalau sudah di set lost menggunakan iCloud account, jadi tidak bisa digunakan lagi.

  4. masih kebayang dengan samsung tab s warna putih SM-T705, hilang pas mw liburan lebaran, tempat makan pondok kelapa.sudah berusaha melupakannya mungkin bukan rejekinya tpi susah, smoga bisa kembali lg ke tangan sya,yang bisa mohon bantuannya ya. terima kasih

  5. telah hilang diambil samsung note 5 dengan nomer imei 353604/07/028335/5 353605/07/028335/2 hilang di cp diambil orang pd tgl 24 juni 2016 jumat kemarin. mohon bantuan agan2 kalo menemukan akan saya beri imbalan. saya sudah mencari ke aplikasi find my phone tetapi tidak bisa terdetect trs. knpa yah gan? telpon lgsg diswitch off pdhl sudah pakai finger print

    • Turut bersimpati sis.. Biasanya telepon masuk airplane mode, atau langsung dimatikan. Saat ini, iOS masih lebih aman dibandingkan Android sih. Semoga dapat ganti yang lebih baik ya Sis.

      By the way, kalau mengaktifkan fitur, required google account, saat terkoneksi pertama kali (setup) otomatis akan meminta account anda. Hati-hati phising ya….

      Phising, dimana anda seolah-olah mendapatkan email dan meminta anda memasukan user name & password. Abaikan, agar HP anda tetap aman.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: