Smart “Android” phone; Dual SIM (GSM-GSM) @ IDR 500rb(-an), mau?

Satu kata WOW!

Pertamanya agak terhentak juga mengetahui harga sebuah ponsel mungil 3.5″ Capacitive 5 multi-points touch, yang ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon berkecepatan 1GHz. Selain itu, perangkat grafis GPU Adreno 200 yang dibenamkan mampu membuat pengguna berinternet lebih cepat serta pengalaman bermain game yang lebih baik.

Pict #1: Advertorial

Didukung dengan layanan purna-jual 3 tahun (1 tahun service+parts & 2 tahun service), belum lagi segudang fitur lainnya, seperti: dual-SIM Card (GSM-GSM), GPS, dukungan MicroSD hingga 32GB, membuat smartphone ini cocok bagi mereka yang mobile, penyuka music, bahkan bagi yang ingin selalu up-to-date lewat jejaring sosial.

Pict #2: Pak Joegianto + Direktur TREQ & Duta TREQ (Zaki)

Ingin hemat paket data? Jangan khawatir, karena handset ini dilengkapi pula dengan koneksi WiFi yang mumpuni, serta bluetooth yang memudahkan pengguna untuk bertukar data.

Pict #3: Koneksi WiFi

Tepatnya mulai kemarin (28 Oktober 2013), sebuah ponsel lokal yang diberi nama TREQ Tune telah dapat diperoleh di gerai-gerai ponsel di sejumlah kota besar di Jawa dan luar Jawa, hanya dengan harga dikisaran 500-ribu-an saja, bahkan ponsel yang sama juga tersedia di online-shop seperti www.lazada.co.id

Pict #4: Keluarga besar TREQ Tune.

Sekilas percobaan kami untuk simungil TREQ Tune.

Pict #5: Tampak muka box TREQ Tune.

Pict #6: Fitur-fitur unggulan TREQ Tune

Pict #7: Isi paket penjualan.

Dengan harga yang ekonomis, tentunya tidak banyak bonus yang anda harapkan bukan? Isi paket penjualan, Handset, Battery, Charger (800mAh), Kabel charger MicroUSB, Kartu garansi, buku panduan pengguna dalam bahasa Indonesia.

Pict #8: Posisi SIM-Card terpasang di unit.

Cara pasang SIM-Card (posisi SIM-card) yang berbeda dari biasanya, sedikit membuat bingung. Membaca buku panduan berbahasa Indonesia ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Intinya, dengan posisi handset seperti photo diatas, posisi paling bawah kiri = kartu MicroSD (bagian kaki kuningan menghadap kebawah), kemudian ditengah-tengah melintang = SIM Card1, paling atas melintang = SIM Card2.

Pict #9: Pertama kali menghidupkan ponsel.

Pict #10: Oh ya, OS-nya: Android Gingerbread 2.3.7

Spesifikasi lengkap:
Prosesor : Qualcomm Snapdragon MSM 7225A 1.0GHz
GPU : Adreno 200
Operating Sys : Android 2.3.7 Gingerbread
Dual-SIM : 3.5G HSDPA up-to 14.4Mbps; WCDMA 900/2100MHz, GSM 900/1800MHz
Display : 3.5″; 320×480, Capacitive Screen
RAM : DDR 256MB
ROM : 512MB (setelah OS sisa ±256MB)
Enternal Mem : Expandable up-to 32GB with MicroSD card (TF Card)
Build-in WiFi : 802.11 b/g/n (Support Portable Hotspot – sharing internet)
Bluetooth : v4.0 EDR
Camera : 2MP Camera (belakang) dengan dukungan camera depan
GPS : A-GPS support Navigation
Connect Ports : USB2.0, TF Card Slot, 3.5mm stereo headphone jack, DC-in jack
Multimedia : Play musics, Movies, dan online games

Pict #11: Home screen (GSM-GSM) standby.

Pict #12: Pemilihan jalur akses Internet.

Menurut kami yang agak unik disini adalah, pengguna bebas menentukan SIM card mana yang ingin digunakan sebagai jalur berinternet-ria. Cocok bagi kita di Indonesia yang mempunyai slogan, “posisi menentukan prestasi”.🙂 Fitur ini membantu kita tidak perlu memindah-mindahkan kartu SIM sebelum mengakses Internet.

Akan tetapi… memang hanya Slot1 yang mendukung 3.5HSDPA (up-to 14.4Mbps), sedangkan Slot2 hanya mentok di EDGE. Terlihat dari gambar diatas, setting Slot2 “use only 2G networks” tidak dapat dirubah.😀

NOTE:
Kendala yang kami temui adalah masalah konektifitas ke jaringan WiFi. Telah dicoba beberapa Access Point, akan tetapi sejauh ini belum ada yang sukses terkoneksi. Rata-rata semuanya memberikan info “authenticating….” kemudian otomatis disconnected. Yang telah kami lakukan adalah mencoba terkoneksi ke jaringan WiFi router TP-Link (2 unit), 1 jaringan WiFi Galaxy Note (Portable Hotspot), semua memberikan hasil yang sama. Apakah TREQ Tune belum mendukung jaringan WiFi dengan proteksi WPA/WPA2 PSK? Perkembangan lebih lanjut akan kami informasikan untuk anda disini.

Pict #13: Keluarga TREQ lainnya.

Dengan slogan:
“Sebuah ponsel cerdas dengan harga terjangkau, namun para penggunanya mendapatkan manfaat yang melebihi nominal harganya”

Bagaimana menurut anda?

Update 1: 01 / 11 / 2013

Dari tanggal 29 Oktober; battery di charge full, kemudian handphone (Axis & Indosat) selalu dalam kondisi siaga 24×7,  fungsi bluetooth dihidupkan sewaktu-waktu, WiFi masih bermasalah dan belum bisa di test, fungsi data dimatikan, fungsi telepon & SMS digunakan seperti biasa, battery bertahan sekitar 77jam (±3 hari) dari lepas charger. Cukup ok menurut saya.

Update 2: 28 / 11 / 2013

Setelah 2 minggu menggunakan Tune 3G secara intensif, sejauh ini setelah di replace garansi, WiFi bekerja secara baik.  Kendala lain muncul, antara lain:

1. Suara speaker phone agak sember, tidak jelas mendengarkan pembicaraan lewat speaker phone (di unit sebelumnya baik-baik)

2. Daya tahan battery dari 100% sampai mati sendiri, pemakaian ala saya, hanya berkisar 40-50 jam saja.  Waktu test di unit pertama bisa mencapai bilangan 70 jam.  Pemakaian telepon singkat serta mengirimkan SMS sesekali, banyak standby, koneksi WiFi sebentar untuk sync address book & agenda, serta koneksi Bluetooth pada saat diperjalanan.

3. Esensial program seperti pelacak (cerberus) tidak bisa di-install karena sudah penuh.😀

Kesimpulan, kalau untuk basic smartphone, masih value for money.. tapi kalau anda menginginkan sedikit kenyamanan, sebaiknya mencari yang memiliki memory (RAM) lebih besar.😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: