Penting dilakukan pada saat kehilangan produk Apple (iPhone/iPad/iPod/Mac).

Setelah sebelumnya kita sama-sama belajar, baik sebagai pembeli maupun penjual, apa yang harus dilakukan sewaktu menjual produk Apple. Kali ini kami akan share, bagaimana kalau ternyata barang kita hilang?  iOS minimal iOS7.

#1. Buka web browser dari PC (ataupun tablet lainnya); kalau perlu segera pinjam punya teman…
#2. masuk ke www.icloud.com
#3. Login lah menggunakan iCloud account anda.

#4. Click / tap pada “Find My iPhone” (nanti seluruh barang Apple yang diaktifkan iCloud-nya berdasarkan account yang sama akan kelihatan).

#5. Setelah masuk ke dalam Find My iPhone, anda dapat memilih “All Devices” (apabila device yang terhubung ke iCould account anda lebih dari 1). Note: Tanda lingkarang hijau di depan nama Device, artinya Device tersebut sedang terhubung ke Internet (online).

#6. Apabila Device anda hilang, setelah memilih device tersebut, segera pilih “Lock”. Dalam contoh ini, saya me-ngunci iPad saya.

#7. Setelah menekan tombol “Lock” maka anda bisa memasukkan “berita” yang ingin ditampilkan pada device anda.

#8. Kita akan mendapatkan konfirmasi bahwa device berhasil di “lock” secara visual, serta tidak lupa juga akan mendapatkan notifikasi via e-mail.

#9. Contoh e-mail yang diterima pada saat melakukan “Lock” maupun pada saat notifikasi ditampikan pada jendela iPad di contoh ini.

#11. Contoh e-mail yang kita terima sebagai konfirmasi bahwa device kita telah di”kunci”

#12. Contoh pesan yang ditampilkan setelah login ke dalam iPad, menggunakan PIN yang telah diregistrasikan sebelumnya.

#13. Bagi yang kehilangan device, bisa juga melakukan Remote Erase, dan setelah direstore-pun, device tetap akan meminta pengguna untuk melakukan aktifasi menggunakan iCloud account sebelumnya (yang terdaftar untuk mengaktifkan device tersebut).

#14. Contoh layar yang meminta pengguna untuk melakukan aktifasi. Biasanya ini bisa terjadi pada saat upgrade firmware iOS maupun hal-hal lain.. yang membedakan dengan device yang telah dinyatakan hilang, disini masih kelihatan sebagian dari iCloud account yang digunakan sebagai petunjuk.

#15. Untuk device yang dinyatakan hilang, pesan yang muncul kurang lebih sebagai berikut. Tidak ada petunjuk sama sekali, mengenai account yang terkoneksi ke device ini.

#16. Tidak cuma iPhone / iPad, bahkan iPod touch serta Mac pun bisa diperlakukan sama.

#17. Menu untuk mengunci Mac yang hilang.

#18. Proses aktivasi sendiri, memerlukan koneksi Internet. Pastikan device yang akan diaktivasi terhubung ke Internet.

#20. Kita juga akan menerima notifikasi lewat e-mail, untuk semua perintah yang telah berhasil di eksekusi, contoh dibawah ini, perintah untuk menampilkan pesan telah berhasil dilakukan.

#21. Oleh karena itu, pastikan anda membuat sendiri Apple ID yang digunakan sebagai iCloud, daripada menyesal kemudian tidak berguna?

#22. Untuk OSX, bisa mengaktifkan fitur “Guest Mode”, sehingga dalam kondisi “hilang”, device kita masih dapat dihubungkan ke Internet oleh penemunya untuk ditemukan kembali.

#23. Tidak cuma laptop, bahkan Mac Mini-pun juga bisa. Yang penting… Produk Apple.😀

Demikian sharing singkatnya, semoga berguna bagi rekan-rekan sekalian.

11 Responses

  1. Ipad saya hilang…hiks…kira2 malingnya bisa bobol pin di screen awal gak ya pak? soalnya saya sudah remote untuk di lock sama erase cuma masih pending sampai skrg karena devicenya belum connect ke internet

    • Mudah-mudahan mereka bisa connect ke Internet, karena bagaimana-pun, hanya pada saat terkoneksi ke Internet baru pesan di lost mode akan muncul pada lock screen. Semoga dapat yang lebih baik ya bu.

  2. mau tanya, kalo iphone sempat hilang dan sdh mengaktifkan fitur find my iPhone, trs skrg sdh ketemu dan mau d aktifin lagi gmn caranya y?
    iphone ga bisa d gunakan krn sdh d lock, gmn cara unlock-nya? sudah d konek-in ke itunes tapi krn d lock, jadi ga bisa sinkron. sdh d matikan lost mode di http://www.icloud.com.
    jadinya ga bisa dsaya jadi ga bisa pake ipon itu lagi😦

    • Unlock, langsung di iphonenya, masukkan password iCloud (AppleID) yang digunakan untuk mengunci iPhone tersebut, atau pada saat set lost mode, bukannya diminta menggunakan password lain?

      Oh ya, pastikan si iPhone menggunakan kartu SIM yang dapat mengakses Internet, jadi tanpa connect ke WiFi, dia tetap dapat melakukan validasi ke server Apple.

      Semoga cepat sembuh iPhonenya.

  3. Selamat pagi bro Ryan,

    Maaf baru sempat buka blog lagi.

    Itu dah ada infonya… silahkan menghubungi yang bersangkutan di no telepon tersebut. Paling verifikasi terlebih dahulu, apakah benar dia kehilangan iPhone tersebut, paling tidak dia tahu posisi terakhir HP tersebut ada dimana (contoh: dalam taksi, taksi apa? tanggal berapa, dan seterusnya). Sekiranya merasa kurang nyaman, bisa mengajak kawan untuk serah terima kembali, atau extremenya, bisa melakukan serah terima kembali di kantor polisi terdekat (biar ada saksi).

    Terima kasih anda termasuk orang yang jujur & budiman. Di jaman ini, orang-orang seperti anda sudah langkah. Tetap menjadi yang terbaik ya bro.

    Salam SUKSES LUAR BIASA,

    – B2B –

    ========================= QUOTE =========================

    Pagi pak, saya nemu iphone5 d taxy,,
    Gimana caranya saya bisa,,kontak dengan yg punya,,buat bilang iphone nya ada pada saya,,
    D layar muncul, iphone ini hilang, silahkan hubungi,
    013 689 8888..
    Please coment..
    Thanks..!!

  4. bang saya kehilangan iphone 5s terus malingnya pinter bisa ngebobol icloud pake bypass unlocker gimana dong bang ?😦

    • Hi Anisa, seiring perkembangan teknologi, memang kadang ada yang tidak bisa menjadi bisa, tapi kemudian menjadi tidak bisa kembali. Seandainya memang sudah di-bobol, mari direlakan, semoga Allah memberikan ganti yang lebih baik lagi. Amin!

  5. min saya pernah punya macbook tp hilang kira2 setahun yang lalu trus sy lock. sekarang sudah beli kembali dan mau gunakan account yang digunakan dilaptop yg hilang, bisa gk khawatirnya entar terkunci. trims atas tanggapannya

    • Tentunya bisa masbro.. Yang terkunci khusus yang hilang kok. Kalau pun sampai terkunci, bukannya anda mengetahui kuncinya? Dengan kunci, tentunya bisa dibuka bukan?🙂

  6. Bila iphone 5s hilang dab sudah di lose mode, apakah yg nyurinya msh bisa akses masuk bila coba2 pin masuk dab kebetulan benar, apa kah msh tetap bisa liat file2 kita?

    • Kalau bisa tembus ya pasti bisa lihat file-file. Kombinasinya lumayan banyak.. dan biasanya mereka ngak akan coba-coba, yang terjadi biasanya, mereka akan mengirimkan email phising, serta meminta anda memasukan AppleID beserta password.

      Apabila anda mendapatkan email tersebut (bisa beragam bentuknya), abaikan saja bro, agar HP anda yang hilang tetap aman & tidak dapat digunakan oleh pencurinya.

      Semoga mendapatkan ganti yang lebih baik ya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: