Beda fasilitas HP e-Print dengan AirPrint?

Halo semua,

Apa kabar?

Kali ini, kami ingin membagikan satu hal.. yaitu bedanya e-Print dengan AirPrint.🙂 Apakah sudah ada yang tahu? Baik, untuk yang sudah tahu, silahkan baca agar bisa mengkoreksi sekiranya ada bagian yang kurang tepat, sedangkan bagi yang belum tahu, musti dibaca agar menambah pengetahuan.😀

AirPrint adalah teknologi pencetakan yang dipatenkan Apple, pada intinya AirPrint memungkinkan pencetakan gambar dari langsung dari perangkat berbasis iOS ke printer yang telah mendukung fungsi AirPrint. Biasanya setiap printer menyediakan program kecil yang dapat diunduh dari iTunes Store.

Pertama-tama pengertian kami akan HP ePrint adalah singkatan dari Electronic Print dalam artian, mendukung pencetakan langsung dari mobile devices (smartphones & tablet) maupun dari komputer. Ternyata pengertian ePrint di printer HP adalah “email printing”, maksudnya, mencetak langsung dari perangkat bergerak (gadget) lewat e-mail.

Pict 1: Print darimana saja lewat email dari perangkat bergerak

Moto dari HP ePrint – apabila anda bisa mengirimkan e-mail, anda bisa mencetaknya (hardcopy). Contoh kasus: misalnya anda sedang diluar kantor, sudah selesai mengedit document kontrak rahasia yang harus segera diproses oleh bagian legal. Karena bersifat rahasia, kalau anda mengirimkan softcopy ke seketaris staff lainnya, artinya document tersebut dapat di”rubah” dan rentan “bocor”. Menggunakan teknologi HP ePrint, cukup menge-mailkan document tersebut ke alamat e-mail printer anda, maka otomatis printer akan mencetak document tersebut. Tidak ada softcopy yang harus dikerjakan pihak ketiga (perantara) selain mengambil hasil cetakan. Cantik bukan?

Pict 2: Diagram sederhana cara kerja HP ePrint.

Tentunya HP telah mempersiapkan beberapa kemungkinan, bagi perusahaan skala UKM (10 – 99 orang), tentunya menginginkan solusi sederhana, tidak perlu investasi yang besar-besaran dalam menggunakan solusi bagus ini. HP menyiapkan satu cloud (eprint) yang berguna untuk menerima serta meneruskan document yang ingin dicetak ke printer HP anda.

Bagi perusahaan kelas enterprise, HP memberikan solusi sehingga bisa menggunakan e-mail address sendiri, misal: P00001 (otomatis akan melakukan pencetakan di printer P00001)

Pict 3: Diagram implementasi HP ePrint pada Enterprise

Kesimpulan kami..
HP ePrint sangat bermanfaat bagi perorangan maupun UKM & perusahaan menengah, dalam menyediakan solusi ekonomis mengingat situasi Jakarta yang kian hari kian macet. Kita akan tetapi bisa produktif dimana-pun kita berada. Kalau dulu, kita harus menunggu sampai di kantor baru bisa mencetak, sekarang bermodalkan Internet kita bisa melakukan pencetakan darimana saja.

Kemampuan HP ePrint ini bahkan membuka peluang bisnis baru… yaitu menyediakan jasa pencetakan (printing) lewat Internet. Jadi pelanggan anda dapat mengirimkan dokumen yang ingin dicetak lewat e-mail ke alamat khusus (setiap printer = 1 alamat e-mail), dan begitu mereka lewat, mereka tinggal mengambil hasil cetakannya.

Pict 4: Diagram implementasi HP ePrint di rumah dan kantor.

Update kilat mengenai printer laserjet HP terkini:
Tanggal 22-01-2014 , bertempat di FX Cone, Jakarta. HP telah meluncurkan beberapa tipe laserjet multifungsi dengan keunggulan masing-masing.

HP Color LaserJet Pro MFP M176n

Small size, big value
-. Kontrol sederhana; segera mencetak, cepat dan mudah dengan panel kontrol yang sederhana
-. HP Smart Install – tidak memerlukan CD driver; cukup menghubungkan printer dan driver otomatis tersedia
-. Halaman pertama keluar dalam hitungan detik
-. Melakukan tugas-tugas dengan gegas; raih kesuksesan dengan MFP yang mencetak, menduplikasi serta memindai secara cepat.

All in one, one for all
-. Mudah mengandakan kedua sisi atau dokumen kecil lainnya ke dalam satu halaman yang sama

Print on your terms
-. Mencetak dari mana saja dengan Apple AirPrint
-. Mencetak dari gadget dengan fasilitas build-in atau menggunakan HP ePrint app serta Aplikasi.

HP Colour LaserJet Pro MFP M177fw

Small size, big value
-. Mencetak dokumen dengan warna profesional seraya meminimalkan biaya cetak hitam-putih.
-. HP Smart Install, tidak memerlukan CD Driver
-. Halaman pertama keluar dalam hitungan detik
-. Melakukan tugas-tugas dengan gegas; raih kesuksesan dengan MFP yang mencetak, menduplikasi serta memindai secara cepat.

Easy control, at your fingertips
-. Proses duplikasi (copy) yang disederhanakan. Menangkap dua halaman dokumen dalam sedikit langkah

Print on your terms
-. Mencetak dari mana saja dengan Apple AirPrint
-. Mencetak dari gadget dengan fasilitas build-in atau menggunakan HP ePrint app serta Aplikasi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: