Aplikasi dalam menemani mudik anda, mudik aman, mudik lancar.

Selamat hari libur panjang rekan-rekan sekalian…

Mungkin sebagian ada yang telah menuju kampung halaman tercinta, alias mudik.🙂 Dan bagi rekan-rekan yang menyimak acara #SonoraTechno hari Jumat yang lalu (10 Juli 2015) di @SonoraFM92 pastinya telah mempersiapkan gawai kesayangan untuk menemani acara tahunan kali ini.

Jangan khawatir, bagi yang melewati acara #SonoraTechno kemarin, akan kami berikan liputan lengkapnya pada ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

Pada intinya, ada beberapa kelompok aplikasi yang dapat kita ulas untuk menami mudik kali ini. Pada bahasan ini, akan kami ulas 3 diantaranya, yaitu:

1. Aplikasi berbasis lokasi (GPS)

2. Aplikasi hiburan (entertainment)

3. Aplikasi pelengkap

Kita mulai dengan aplikasi berbasis lokasi. Apa saja kegunaan serta manfaat dari aplikasi berbasis lokasi ini? Aplikasi berbasis lokasi biasanya digunakan, untuk membantu kita menentukan prakiraan waktu & jarak sampai ke tujuan, menuntun kita sampai ke titik tujuan, ataupun merencanakan jalur alternatif apabila ternyata jalur yang ingin kita lewati macet total, atau memperkirakan, apakah ada tempat beristirahat di depan maupun mengisi kembali bahan bakar kendaraan.

Bentuknya ada yang mengharuskan gawai kita selalu terhubung ke jaringan Internet (online), ada juga yang memperbolehkan kita untuk mengunduh peta-nya terlebih dahulu, sehingga pada waktu digunakan bernavigasi, gawai tidak perlu terhubung ke Internet (offline).

Beberapa program peta digital populer baik di Android Playstore maupun Apple iTunesStore adalah:

1. Google Maps (Playstore / iTunesStore)

2. Waze (Playstore / iTunesStore)

3. Sygic (Playstore / iTunesStore)

4. Here.com (Playstore / iTunesStore)

5. Peta Mudik MetroTV (Playstore)

6. maps.me, dan masih banyak lagi.

Keuntungan menggunakan fasilitas peta digital berbasis komunitas adalah, isi peta lebih cepat di-update sesuai kondisi terkini, berdasarkan masukkan dari sesama penguna. Contoh: tol Cipali-Palimanan yang sudah ada pada peta Google Maps maupun Waze (lihat lampiran dibawah).


Google maps: Tol Cikopo-Palimanan


Waze: Tol Cikopo-Palimanan


Waze: telah menunjukkan ujung tol Cikopo-Palimanan di Brebes

Kelebihan dari aplikasi google maps & waze (sekedar informasi, Waze telah dibeli oleh Google; oleh karena itu petanya mirip kalau tidak mau dibilang sama identik; yang berbeda adalah fitur pendukungnya), selain bisa mengetahui kondisi jalan secara hampir realtime (macet = merah, lancar = hijau, sedang = kuning); khusus untuk Waze, kita juga bisa berbagi informasi dengan pengguna Waze lainnya, seperti ada kecelakaan, atau ada petugas polisi dilokasi tertentu, longsor, jalan rusak dan seterusnya.

Yang menarik pada acara mudik tahun ini, ada dua organisasi yang ikut serta memeriahkan aplikasi pantauan arus mudik dengan keunggulannya masing-masing, yaitu:
A. Peta Mudik Metro TV
B. iBolz NTMC TV A. Peta Mudik MetroTV (dapat diunduh di Playstore)

Selain menyediakan rute mudik beserta peta digital interaktif-nya, aplikasi ini juga menyediakan info terkini dari MetroTV News, menyediakan fasilitas berbagi info antar sesama pengguna, digunakan untuk mencari tempat (POI), serta dapat digunakan untuk kepentingan pergi berombongan, karena menyediakan fasilitas untuk saling mengetahui posisi kawan secara realtime.


Peta Mudik Metro TV: konten aplikasi


Contoh: Peta Mudik Metro TV B.

Aplikasi iBolz NTMC TV dapat diunduh di Playstore.

Kelebihan aplikasi NTMC TV adalah kita dapat mengakses CCTV diseluruh jalur mudik, serta mengakses beberapa saluran hiburan & berita untuk mengurangi kejenuhan selama perjalanan; sayangnya, semua itu memerlukan dukungan koneksi Internet yang mumpuni.🙂


NMTC TV: deskripsi aplikasi yang diluncurkan TMC Polda


NTMC TV: Dapat mengakses live CCTV di-seputar-an jalur mudik (Jawa, Bali maupun Sumatera Selatan)


Contoh: akses CCTV

Setelah membicarakan aplikasi berbasis lokasi, tidak lupa kita bahas beberapa aplikasi entertainment yang dapat digunakan menemani mudik anda seperti:

1. Buku Digital

2. Menonton YouTuBe channel

3. membuat kartu ucapan

Tidak asik tentunya, apabila telah membawa perlengkapan banyak-banyak kita masih direpotkan membawa buku novel, maupun majalah.. untungnya, pada jaman digital saat ini, semua itu bisa dimasukkan ke dalam sebuah gawai.🙂


S Lime: bisa membaca berbagai majalah, surat kabar, maupun tabloid terbitan Indonesia


SCOOP: kurang lebih sama… ada majalah dan surat kabar terbitan Indonesia


LIVI: memiliki beragam buku digital yang dapat kita beli

Dalam menonton youtube, mungkin sebagian dari kita belum mengetahui kalau sebenarnya kita dapat mengunduh film yang ingin kita tonton terlebih dahulu dengan cara menambahkan ss pada alamat youtube dimaksud? contoh: www.ssyoutube.com/watch? Dengan trik sederhana ini, kenyamanan anda menikmati tayangan youtube tidak tergantung pada signal 3G/HSPA.🙂 Sedangkan di iDevice (iPad/iPhone) bisa menggunakan aplikasi sejenis ProTube, VideoDownloader, dan lain-lain. untuk mengunduh film di youtube ke dalam perangkat anda.

Akhirnya, selain membaca buku, kita juga dapat membunuh rasa jenuh dengan membuat kartu ucapan Lebaran, Contoh aplikasi membuat kartu lebaran dapat diakses di-sini


Playstore: ada lebih banyak lagi… silahkan dipilih-dipilih sendiri🙂

Dengan kata kunci “Eid Mubarak” akan mendapatkan pilihan yang berbeda.
Playstore: dicari menggunakan kata kunci: “Eid Mubarak”

Akhir kata, semoga perjalanan mudik anda menyenangkan, selamat tiba sampai tujuan, berkumpul bersama keluarga. Sampai jumpa lagi …

Salam SUKSES LUAR BIASA,

– BanyakGaul –

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: