Win10 mencuri koneksi internet kita? Hentikan!

Setelah Windows 10 dirilis tanggal 29 Juli yang lalu, yang diberikan gratis bagi pengguna Windows 7, 8 serta 8.1.

Dengan segala kelebihan (dan kekurangannya – sehubungan dengan privasi pengguna – data di upload ke server Microsoft) ternyata ada setting pada bagian Windows update yang menghabiskan jatah bandwidth koneksi tanpa kita ketahui.

Ya, Windows 10 secara otomatis menggunakan jejaring network kita untuk membagikan update ke pihak lain lewat internet yang kita gunakan. Siap-siap bagi kita yang menggunakan layanan terbatas, kalau tiba-tiba jatah habis tanpa kita merasa melakukan upload/download.

Fitur tersebut dinamakan “Windows update delivery optimization”, di rancang untuk membantu pengguna mendapatkan update secara lebih cepat dan fitur ini secara standar telah diaktifkan pada versi Windows 10 Home dan Pro. Windows 10 Enterprise dan Edukasi juga memiliki fitur ini hidup, tetapi hanya untuk jejaring lokal (LAN).

Pada intinya, hal ini mirip dengan fungsi torrent, dimana komputer kita digunakan sebagai bagian dari peer-to-peer network dalam membagikan update secara lebih cepat kepada yang lain.

Kabar baiknya, fungsi yang dihidupkan secara standard sebenarnya bisa dimatikan, walaupun setting untuk hal tersebut cukup dalam tersembunyi pada bagian: ALL SETTINGS -> Windows Update -> Advance Options -> Choose how updates are received

Microsoft menyatakan, membagikan sebagian dari bagian update ini tidak meng-unduh atau pun mengirimkan data personal pengguna, akan tetapi dengan mengaktifkannya secara standar tanpa sepengetahuan / persetujuan pengguna, mungkin menjadikan fitur ini tidak adil bagi sebagian pengguna yang menggunakan koneksi internet terbatas.

Untuk menon-aktifkan sharing diatas, anda dapat mematikan seluruh fungsi tersebut, dengan cara mengklik ON menjadi OFF, atau pilihan lainnya, tetap mengaktifkan fitur tersebut khusus hanya bagi PC yang terhubung pada jaringan yang sama (mungkin anda memiliki komputer lain yang menggunakan Win10 juga).

Semoga “jatah” internet anda tetap terjaga dan tidak mendapatkan tagihan yang mengejutkan…

Salam SUKSES LUAR BIASA,

– BanyakGaul –

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: