Mau dapat duit sebagai seorang VBlogger?

Hi B2B-ers,

Apa kabar kalian? Semoga semua dalam keadaan baik selalu ya.🙂

Bagaimana keadaan kondisi pekerjaan? Hadapi, ini kenyataan hidup, seluruh sendi-sendi perekonomian serasa mengendur, toko-toko retail besar telah mengalami kemunduruan penjualan sejak 3 tahun belakangan, oleh karena itu kita sering melihat iklan diskon di koran-koran ternama. Coba dipikirkan dengan baik, kalau penjualan sedang baik, buat apa memberikan diskon? Diskon diberikan demi mendorong konsumsi masyarakat..🙂

#Eh, kok jadi ngomongin ekonomi sih?😀
Jadi sebenarnya seperti ini… Ditengah ekonomi dunia yang tidak menentu, sebenarnya masih banyak kesempatan untuk mendapatkan uang secara halal bagi yang mencarinya dengan tekun… Salah satunya yang asik adalah dengan menjadi seorang VBlogger.. V-Blogger itu adalah seorang/sekelompok orang yang melakukan Video Blogger…

Kerjaan V-Blogger itu apa sih kak?
Intinya sama seperti seorang blogger yang menggunakan tulisan biasa.. cuma bedanya yang ini mengupload pokok pikiran dalam bentuk video.

Cara dapat uangnya darimana kak?
Dengan makin banyaknya pemirsa/penonton video yang kamu buat, otomatis akan menarik pengiklan untuk meletakkan iklan mereka pada video kamu. Cara paling mudahnya adalah menggunakan Google Adsense.🙂 Pastinya kamu sering/pernah nonton YouTuBe kan? Pernah menemukan, sebelum film yang kita inginkan diputar, biasanya suka ada iklan yang setelah beberapa detik baru dapat kita skip (lewati)? Nah kurang lebih seperti itu.

Tapi sharing kali ini akan lebih menitik beratkan bagaimana caranya meningkatkan kualitas audio pada video film kamu, agar penonton kamu mendapatkan pesan kamu secara jelas. Percaya deh, bagaimana menariknya konten dan bagusnya kualitas video kamu, kalau audio-nya hancur, pastinya film tersebut tidak akan ditonton orang.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu, kami mendapatkan kesempatan menjajal sebuah Microphone external yang di-distribusikan oleh pihak Kairos. Produk tersebut masuk dalam kategori pro-audio..

Yang kami coba adalah Audio-Technica tipe AT-8024. Mic ini adalah tipe mic external XY (mid-stereo Mic).

Guna-nya mic tambahan apa sih kak?
Memang kebanyakan DSLR sudah dilengkapi dengan mic internal (built-in), akan tetapi karena posisi microphone built-in itu ada di body kamera,
menyesuaikan dengan posisi mic tersebut, biasanya polar pattern yang digunakan adalah omni direction (suara dari segala arah akan tertangkap), contoh pada saat mekanis kamera bekerja, misal mencari fokus dan lain-lain, suara tersebut akan ikut terekam dalam video yang sedang kita buat, alhasil film kita akan memiliki noise tersendiri. Hal ini mengurangi ke professionalan kita dimata penonton kita.

Belum lagi Mic tersebut tidak dapat kita arahkan hanya menangkap suara dari subject yang kita inginkan saja… suara dari mana disekitar kamera akan terekam. Pertanyaannya bisa ngak sih kita hanya merekam suara yang kita inginkan saja? Jawabannya bisa! Oleh karena itu kita menggunakan bantuan Mic external tersebut.

Berikut ini beberapa penampakan AT-8024 dalam kondisi terpasang di DSLR ..🙂

Kabel model begini asik, jadi tidak mengganggu pegangan/handling kita ke kamera.. dan apabila tidak sengaja tertarik, tidak membuat putus.🙂

Ok, kami sudah mengerti kelebihan dari external mic, kemudian kelebihan dari AT-8024 ini apa kak?🙂

Keunggulan Mic external ini adalah:
1. Sebuah mic external tambahan untuk DSLR / Handycam / any recording audio yang menerima input 3.5mm.
2. Mendukung peralatan rekam yang tidak memiliki phantom power, karena mic bisa diisi dengan 1 buah battery AA.
3. Kabel lentur, sehingga tidak khawatir apabila tertarik secara tidak sengaja
4. Bisa diatur, apakah mau suara mono suara stereo; lihat photo dibawah.

Selama percobaan, yang jadi kadang jadi masalah adalah, lupa menghidupkan Mic dengan cara menggeser switch ke posisi Stereo / Mono.🙂 Oh ya, mic external AT-8024 ini adalah sebuah Mic jenis Boom, artinya suara yang ditangkap hanya yang berasal dari depan microphone (terarah), suara-suara lain (misal dari samping) akan tereliminasi. Dalam paket penjualan, selain windshield dalam bentuk sponge juga di sertakan deathcat serta sebuah battery AA.

Pada saat diaktifkan, maka lampu indikator akan berwarna hijau.

Hal lain yang dapat dilakukan dengan Mic external AT-8024 (selain pengaturan Stereo / Mono) adalah:
1. Kekuatan suara yang ingin ditangkap, pengaturannya mulai dari Off, -10dB hingga -20dB.
0dB digunakan apabila suara dalam ruangan cukup hening…
-10dB digunakan saat tempat dimana kita ingin merekam suara cukup hening / kurang berisik (link video di paling bawah post ini, menggunakan pengaturan -10dB)
-20dB digunakan pada perekaman di tempat yang sangat berisik.
2. Tombol pengaktifan fungsi penyaringan frekuensi ON/OFF terdapat pada sisi bagian kiri bawah (sebelah gain control).
Apabila switch berada di sisi garis lurus, artinya fungsi penyaring frekuensi tidak bekerja, agar dapat bekerja switch harus di-posisikan pada bagian kurva.

Berikut ini adalah contoh rekaman di tempat umum, dimana biasanya terdengar suara gema ruangan + suara bising Air-Conditioner & motor/mobil wara-wiri… klik disini.

Total berat mic AT-8024 termasuk battery AA, adalah sekitar 150gr.. lumayan buat latihan fitness.🙂

Sudah lihat link video diatas?
Apa pendapat kalian?
Baguskah suaranya?

Sekiranya ada yang membutuhkan, silahkan contact: Online+blog(at)BduaB.com,
Tersedia juga tipe-tipe pro-audio grade Audio-Technica lainnya.

Salam SUKSES LUAR BIASA,

– BanyakGaul –

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: